post image

Asisten II Dampingi Kapolda Tinjau Jalur Mudik

Kamparkab-Asisten II Setda Kampar Nurbit turut serta mendampingi Kapolda Riau Brigjen Pol Drs Supriyanto melakukan peninjauan jalur mudik Riau-Sumatera Barat (Sumbar). Peninjauan dilakukan mulai dari Pasar Danau Bingkuang sampai ke kelok Indah perbatasan Riau-Sumbar.

            Kapolda dan rombongan berangkat dari Pekanbaru pada Selasa pagi (14/6) dan menyinggahi beberapa titik yang direncanakan akan menjadi lokasi pembangunan pos pengamanan arus mudik balik Idul Fitri 1437 Hijriyah. Turut hadir Pejabat Utama Polda Riau, Dinas Perhubungan Provinsi Riau serta Cabang Jasa Raharja Pekanbaru.

            Rute yang dilalui oleh Kapolda yaitu mulai dari Pasar Danau Bingkuang hingga ke perbatasan Sumbar-Riau, tepatnya di dekat Rumah Makan Kelok Indah. Titik pertama yang dikunjungi Kapolda yaitu Pasar Danau Bingkuang. Di sana, rombongan Kapolda disambut oleh Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK beserta beberapa pejabat utama Polres Kampar, Kapolsek Tambang dan Upika kecamatan Tambang serta perwakilan Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kampar.

            Kapolda meninjau lokasi pasar Danau Bingkuang yang merupakan salah satu pasar tumpah dan berpotensi sebagai titik rawan macet jalur mudik balik Idul Fitri. Untuk itulah, di lokasi tersebut direncanakan akan didirikan Pos Pengamanan Lebaran. Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pasar Kampar di Kecamatan Kampar Timur. Sama halnya dengan Pasar Danau  Bingkuang, pasar Kampar juga merupakan salah satu titik rawan macet terutama pada hari pasar, sehingga di daerah tersebut juga akan didirikan pos pengamanan untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik dan arus balik. Selesai meninjau pasar Kampar, rombongan bergerak menuju arah Sumbar dan meninjau Pasar Kuok, yang juga merupakan pasar tumpah dan titik rawan macet arus mudik balik. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di pasar Kuok direncanakan juga akan didirikan pos pengamanan.

             Selanjutnya, Kapolda meninjau lokasi perbatasan Riau-Sumbar di di daerah Kelok Indah wilayah Kecamatan XIII Koto Kampar. Wilayah perbatasan Riau - Sumbar ini merupakan salah satu ruas jalan rawan kecelakaan karena kondisi jalan yang berliku dan bergelombang dan pada umumnya badan jalan berada pada lereng perbukitan. Khusus untuk pos pengamanan diwilayah ini sekaligus difungsikan sebagai pos pelayanan.

           Usai peninjauan, Kapolda Riau menyampaikan bahwa di wilayah kabupaten Kampar akan didirikan 8 pos pengamanan, satu diantaranya juga difungsikan sebagai pos pelayanan untuk membantu masyarakat yang melaksanakan mudik agar perjalanannya lancar, aman dan nyaman. “Kondisi jalan lintas Riau - Sumbar ini pada umumnya cukup baik dan pihak Kepolisian akan terus bersinerji dengan pihak terkait untuk mempersiapkan jalur ini sebaik mungkin agar masyarakat yang melewati jalur ini nantinya merasa nyaman serta lancar dalam perjalanan mudiknya,’’ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas pada tempat-tempat rawan kemacetan terutama pada lokasi pasar tumpah dengan pemasangan kone sebagai pembatas jalan dan pengalihan arus pada lokasi yang memiliki jalur alternatif.(kamparkab/013)

Berita Terkait