post image

Banjir di Sejumlah Kecamatan Mulai Surut, Diskes Kampar Persiapkan Fogging Massal

Kamparkab' Sehubungan dengan telah mulai surutnya banjir di sejumlah kecamatan di Kampar dan mengantisipasi datangnya penyakit yang timbul pasca banjir, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kampar mulai mempersiapkan pelaksanaan fogging massal. Sedangkan untuk daerah yang masih terkena banjir, para tim medis masih siaga di posko-posko darurat.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kampar dr M Haris kepada media, Jumat (12/2) ketika dikonfirmasikan tentang pelaksanaan tindaklanjut pasca banjir.

Menurut Haris, di daerah yang sudah mulai lepas dari banjir, masyarakat masih disibukkan dengan kegiatan membersihkan rumah dan peralatan rumah tangga yang kotor dan rusak karena banjir. “Saat ini sebagian besar masyarakat masih melakukan pembersihan rumah. Setelah itu, beberapa hari ke depan baru dilaksanakan fogging massal,’’ucapnya.

Kemudian, seluruh tim medis yang tersebar di Puskesmas-puskesmas, Haris mengintruksikan untuk tetap memantau kondisi kesehatan masyarakat. “Bagi masyarakat yang membutuhkan pengobatan, jangan khawatir, karena kami telah berupaya untuk ketersediaan obat-obatan di Puskesmas. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan provinsi,’’sebut Haris.

Terkait upaya pemberantasan sarang nyamuk, Haris mengimbau para Camat agar pasca banjir dapat menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan gotong royong di desa-desa, sehingga lingkungan lebih bersih dan sehat. “Gotong royong merupakan salah satu langkah jitu dalam rangka memberantas sarang nyamuk,’’tukasnya.(kbo2)

Berita Terkait