post image

Banjir, Pj. Bupati Kampar : Hari ini Bantua Kita Fokuskan Di Kecamatan Siak Hulu

Kamparkab - Bantuan yang terkumpul diposko harus tersampaikan kepada yang Berhak dan masyarakat yang belum pernah menerima bantuan dan khusus untuk daerah Kecamatan Siak Hulu seperti hari ini kita fokuskan penyerahan bantuannya kedua Desa ini. 
 
Sejauh ini bantuan telah banyak mengalir seperti Bank Riau Kepri dan Bank BRI Cabang Bangkinang seperti dikecamatan Kampar Kiri Hulu, Kecamatan ini akses jalan terputus, menggunakan transportasi air, yang memerlukan biaya cukup tinggi dan berisiko tinggi, dan untuk hal ini Bank Riau Kepri bersedia membantu hak ini. Demikian dikatakan Pj.Bupati Kampar Syahrial Abdi ketika meninjau kesiapan pendistribusian Bantuan Bencana Banjir diposko Induk BPBD Kabupaten Kampar, Rabu (7/3).
 
Informasi terakhir dari Kepala Desa dikecamatan Kampar Kiri Hulu yang terputus akses jalan daratnya, mereka mengambil inisiatif menggunakan rute Provinsi Sumatera Barat melalui Buluh Kasok menuju Sumatera Barat. 
 
Selanjutnya Pj. Bupati Kampar Syahrial Abdi menambahkan untuk jalan darat yang terputus dan dalam beberapa hari kedepan belum bisa juga dilalaui kita mengambil inisiatif menggunakan jalan udara menggunakan Helikopter bantuan dari BMPB Provinsi Riau serta telah mengajukan permohonan pinjaman Helikopter yang lebih besar milik TNI Angkatan Udara. 
 
Dikatakan Syahrial Abdi untuk PLTA tahun ini Kami mencoba melihat dan mencoba pola air, artinya dahulu pintu dam air dibuka sekaligus, sekarang tahun ini pola sudah baik, membuka pintu dam memakai sistem berjenjang, per 30 centimeter, dalam 2 kali 24 jam, sehingga kita bisa memantau dimasing-masing Desa, dan BMPB Kabupaten Kampar sudah memiliki data apabila dibuka 30 CM pada jam sekian maka desa tersebut berapa ketinggian airnya. 
 
Pada dasarnya pihak PLTA tahun ini telah bisa berkoordinasi dengan Pemerintah daerah dengan memberikan informasi lebih awal, terkoordinasikan dengan baik, pendapat kita didengar, evaluasi tahun kemarin kita juga didengar, sekarang kita bisa mengetahui lebih dahulu sebelum pintu air dibuka. 
 
Hal ini tentu saja hal yang positif bagi kita, dan menjadi edukatif bagi masyarakat juga, yang selama ini banjir identik dengan musibah, tetapi dengan adanya kerjasama dari pihak PLTA masyarakat mengerti langkah apa yang harus ditempuh untuk meminiimalisir kerugian akibat meluapnya sungai Kampar ini. Dan juga  kita mampu mengantisipasi kedatangan air tersebut ke Desa – desa dan kita juga tidak boleh mengabaikan kebutuhan air di PLTA guna tetap menghidupkan listrik didaerah kita ujarnya. 
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar Santoso mengungkapkan sampai saat ini banyak bantuan yang telah dilaporkan keposko induk bencana Kabupaten Kampar, baik itu dari pihak perbankan dan Organisasi masyarakat dan Mahasiswa, secepatnya bantuan ini kita salurkan kepada masyarakat yang belum menerima bantuan. 
Untuk hari ini bantuan difokuskan dikecamatan Siak Hulu diantaranya Desa Parit Baru, Desa Mentulik dan Desa Rantau Kasih dan kita BPBD Kabupaten Kampar Bersama Pj. Bupati Kampar memdokuskan dikecamatan Siak Hulu, karena Kecamatan ini belum menerima bantuan sama sekali ungkap Santoso. (Kamparkab) 
Berita Terkait