post image

BAPPEDA Kampar Sosialisasikan RKPD Online

KamparkabSeiring dengan perkembangan  teknologi saat ini,  sistem perencanaan pembangunan daerah juga semakin berkembang. Sistem perencanaan  pembangunan daerah juga  sudah dituntut  harus berbasis  teknologi informasi.

Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Kampar saat ini sudah menerapkan sistem  RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Online.  Sistem  RKPD Online ini  disosialiasikan  diinternal Bappeda Kabupaten Kampar, bertempat di  aula Bappeda Kabupaten Kampar, Jumat (3/2/17).

Sosialisasi ini dibuka  oleh  Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, M.Si dan dihadiri Sekretaris Bappeda  Kabupaten Kampar Aprizal dan para Kabid  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar. Materi sosialisasi disampaikan Kasubbid Perencanaan Yusdiyen Hadinata.  Sosialiasi diikuti oleh pejabat dan  pegawai dilingkungan Bappeda Kabupaten Kampar.

Dari paparan tersebut  terungkap bahwa  Penerapan RKPD Online ini bertujuan  agar pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) berbasis Teknologi Informasi. Agar  penyusunan  Rencana Kerja   SKPD sesuai dengan dokumen perencanaan yang  telah disyahkan.

Penyusunan RKPD yang dapat menyelaraskan rencana tahunan dengan rencana strategis. Penyusunan KUA-PPAS yang sesuai dengan  prioritas  daerah dan rencana  strategis. Meningkatkan sistem perencanaan daerah yang efektif dan tepat waktu.

Sistem RKPD Online ini memiliki keunggulan  dapat menyelaraskan perencanaan strategis  jangka menengah kedalam rencana, program dan penganggaran  tahunan. Memudahkan singkronisasi  rencana tahunan  dengan  rencana strategis. Dapat diintegrasikan  dengan sistem pelaksanaan  perencanaan (penganggaran dan  pelaksanaan anggaran).

Pada kesempatan tersebut  juga disosialisasikan  secara teknis bagaimana penggunaan  sistem  RKPD online. Sistem ini juga  akan disosialisasikan kepada OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten kampar pada  pekan depan.

Kepala  Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, MSi menyampaikan bahwa meskipun RKPD Online  barang (sistem)  baru tapi jangan sampai  hal ini menjadi aneh bagi OPD. Oleh sebab itu, sistem ini harus disosialisasikan secara maksimal kepada OPD, camat  dan operator sehingga mereka paham dengan RKPD online ini. “Mungkin SKPD (OPD) belum paham  dengan ini, makanya kita sosialisasikan sehingga mereka  paham,” ujarnya.

Kepada seluruh bidang-bidang di Bappeda yang mengkoordinir SKPD diminta  untuk mulai mensosialisasikan kepada SKPD. “Mari kita sosialisasikan ini, mari kita berkerja sungguh-sungguh  sehingga RKPD online ini bisa berfungsi dengan baik,” ujar Azwan. (kamparkab-019)

Berita Terkait