post image

Bupati Imbau Kaum Ibu Jaga Kesehatan

Kamparkab-Dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan kaum perempuan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kampar menggelar seminar kesehatan jantung, mata dan syaraf. Seminar dilaksanakan oleh GOW diikuti antusias oleh 200 orang lebih kaum ibu perwakilan berbagai organisasi di Kampar.

            Bersempena dengan seminar tersebut, Bupati Kampar H Jefry Noer SH mengimbau para kaum ibu untuk meningkatkan kewaspadaan dan senantiasa menjaga kesehatan jantung, mata dan syaraf. “Melalui seminar ini, pahamilah bagaimana menjaga kesehatan jantung, mata dan syaraf,’’ungkap Bupati Kampar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Kadis Kesehatan Kampar dr M Harris, Kamis (27/8).

            Acara seminar dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kampar dan dihadiri oleh Ketua GOW Kabupaten Kampar Hj Irhama Yazid BA, Sekretaris GOW Ambar Rustantini, Direktur Layanan Pelanggan Eka Hospital Pekanbaru Bachdarisma Nellawaty Nur, Wakil Ketua Penasehat GOW Ny Yudi Prasetiyo. Narasumber yang didatangkan oleh Eka Hospital antara lain dr Fuad Jindan SpBTKV FECTS yang ahli bedah Thoraks, Jantung dan Pembuluh Darah yang menyajikan materi tentang operasi jantung. Narasumber kedua, dr Surya Utama SPM menyajikan tentang kelainan pada syaraf mata dan penanganannya melalui operasi Vitrektomi. Narasumber ketiga, dr Andi Tampubolon SpS yang memaparkan tentang waspada gejala kebas, kesemutan dan nyeri.

            Melihat pentingnya materi yang disampaikan oleh para narasumber tersebut, Bupati mengharapkan agar kaum ibu memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan. “Saya menyambut baik diselenggerakannnya seminar ini. Saya ucapkan terimakasih kepada pihak Eka Hospital yang telah berkenan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melalui GOW Kabupaten Kampar sehingga seminar ini dapat terlaksana dengan baik,’’ucapnya.

            Sementara itu, Ketua GOW Kampar Hj Irhama Yazid menyampaikan bahwa GOW dalam melaksanakan programnya berusaha untuk melakukan inovasi-inovasi, sehingga setiap kegiatan yang dilaksanakan bermanfaat, terutama bagi kaum perempuan. Mantan anggota DPRD Kampar ini juga mengharapkan kepada para kaum ibu untuk memahami penjelasan dari para dokter sehingga ke depan, dapat lebih peduli terhadap kesehatan jantung, mata dan syaraf.

            Sebelum para narasumber memaparkan materi masing-masing, Direktur Layanan Pelanggan Eka Hospital Pekanbaru Bachdarisma Nellawaty Nur diberi kesempatan untuk memaparkan tentang profil Eka Hospital, terutama terkait pelayanan utama yang ada di rumah sakit swasta tersebut. “Eka Hospital kini juga melayani BPJS pada tingkat lanjut,’’ucapnya.

            dr Fuad Jindan SpBTKV FECTS dalam paparannya menyampaikan bahwa Provinsi Riau termasuk lima besar tertinggi jumlah penyakit jantung di Indonesia. Posisi Riau berada satu tingkat di bawah Sumatera Barat, yang mana pola makan masyarakatnya hampir sama. “Untuk itulah, masyarakat Riau harus memahami tentang penyakit jantung ini,’’ucap dr Fuad yang kemarin juga memutarkan video ketika ia sedang melakukan operasi jantung di Eka Hospital.

            Hal serupa juga dilakukan oleh dr Surya Utama, setelah memaparkan tentang upaya menjaga kesehatan mata, dia juga memutarkan tentang pelaksanaan operasi mata. Pemutaran video tersebut menarik perhatian ratusan kaum ibu yang hadir untuk mengetahui bagaimana jalannya operasi. Usai pemaparan oleh para narasumber, audiens diperkenankan bertanya kepada para narasumber. Selamat acara berlangsung, panitia juga memberikan hadiah doorprize berupa cenderamata dan paket medical check up(KB02)

Berita Terkait