post image

Bupati Imbau Masyarakat Berikan Data yang Benar

Kamparkab - Bupati Kampar H Jefry Noer SH mengimbau masyarakat Kabupaten Kampar akan turut menyukseskan Pendataan Keluarga (PK) yang akan dilaksanakan mulai 1 Mei hingga 31 Mei 2015 mendatang. Untuk itu, masyarakat diharapkan agar memberikan data yang benar kepada para petugas pendataan.
            
Demikian disampaikan oleh Bupati Kepala Badan Keluarga Berencana  dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Kampar Ir Cokroaminoto didampingi Sekretaris Hj Susi Metri Apt dan Kabid Advokasi dan Bina Lini Lapangan Drg Awal Haeniwaty kepada Kamparkab, Rabu (29/4/2015).
            
Dijelaskannya, kegiatan PK dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 470/7580/SJ tanggal 19 Desember 2014 perihal Dukungan Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2015. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melalui BKBPP Kampar akan melakukan Pendataan Keluarga (PK) mulai tanggal 1 hingga 31 Mei 2015. “Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Badung bahwa pendataan keluarga tahun 2015 dimulai serentak di seluruh Indonesia tanggal 1-31 Mei 2015,” ujarnya.

Untuk menyebarluaskan informasi tentang PK tersebut, BKBPP telah memasangkan iklan imbauan Bupati Kampar di Riau Pos pada Selasa (28/4/2015), dan menyampaikan imbauan ke desa-desa untuk menyampaikan kepada masyarakat.

Dijelaskannya bahwa pendataan keluarga wajib dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota secara serentak setiap 5 tahun, untuk mendapatkan data keluarga yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan. Pelaksanaan pendataan keluarga tersebut akan dilakukan dengan cara mengunjungi setiap keluarga dari rumah ke rumah melalui wawancara dan observasi oleh Petugas Pendata yang telah ditunjuk dibawah koordinasi perangkat desa/kelurahan setempat.

Hasil dari pendataan ini akan dipergunakan sebagai dasar penetapan kebijakan Pemerintah, dan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan perkembangan kependudukan, pembangunan keluarga, keluarga berencana dan pembangunan lainnya. “Sehubungan dengan hal tersebut kami mengharapkan agar masing-masing keluarga menyiapkan diri untuk menerima Petugas Pendata dengan name tag PK 2015,” imbuhnya.

Cokro menambahkan bahwa untuk memperlancar pelaksanaan pendataan keluarga 2015 tersebut dimohonkan agar masing-masing keluarga menyiapkan Kartu Keluarga (KK)/Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Akte Kelahiran.(KB02)

Berita Terkait