post image

Diberlakukannya PP NO 60 Tahun 2016, Kasat Lantas Dan Kasi Propam Kampar Tinjau Pelayanan Samsat

Kamparkab - Kasat Lantas Polres Kampar AKP Mas'ud Ahmad, SIK melakukan inspeksi dan peninjauan ke kantor bersama satuan administrasi manunggal satu atap (Samsat) Bangkinang dalam rangka pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat terkait mulai berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016.

“Saya ingin mengetahui peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat, pelayanan sesuai SOP, tidak ada praktik calo, tidak ada praktik pungli, peningkatan kemampuan pelaksana dan tentu saja harus didukung oleh stakeholder yang ada disamsat,” ungkap Kasat Lantas Polres Kampar AKP Mas'ud Ahmad, SIK kepada wartawan, Jumat (6/1/2017) .

Dalam kunjungannya ini  Kasat Lantas yang didampingi oleh Kasi Propam Polres Kampar Iptu Jurfredi SH dan Kanit Regident Ipda Ferry MF, SH melakukan pengecekan pada pelayanan cek fisik kendaraan bermotor, whorksop TNKB, tempat pemandu pelayanan informasi, Loket pendaftaran, loket penyerahan, ruang ruang kerja/pokja samsat, ruang arsip dan  ruang tunggu.

Dalam kesempatan itu juga, Kasat Lantas sempat berbincang dengan pengunjung dan bertanya tentang mutu pelayanan yang diberikan oleh Polri khususnya.
“Program Prioritas Kapolri khususnya program II tentang peningkatan pelayanan yang lebih mudah bagi masyarakat, cepat dan dan berbasis teknologi informasi harus diaplikasikan secara nyata pada sentra sentra pelayanan Polri sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan lebih cepat dan mudah," ujarnya.

Lebih lanjut Kasat Lantas Polres Kampar juga  menghimbau masyarakat wajib pajak agar tidak resah terhadap penerapan PNBP baru sesuai dengan PP No. 60 Tahun 2016. "Isu yang berkembang di masyarakat tidak benar adanya kenaikan pajak kendaraan, yang benar adalah kenaikan akibat penyesuian biaya administrasi," ulas Mas'ud.

Penyesuaian tarif PNPB atau biaya administrasi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan. "Polri akan terus menerus melakukan reformasi kualitas layanan dengan mempertimbangkan  kecepatan, akurasi, efisiensi di sisi masyarakat (on line dan banking system), bisa diakses dari mana saja, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, Polri berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan berbasis IT sehingga layanan menjadi semakin cepat, profesional dan bebas pungli.Pengelolaan dana PNPB dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Kasi Propam Polres Kampar Iptu Jurfredi, SH juga mensosialisasikan kepada para wajib pajak yang sedang berada di Samsat Bangkinang untuk tidak segan-segan melaporkan ke Si Propam apabila menjadi korban atau mengetahui percaloan di pelayanan Polri manapun. "Segera Laporkan, Jangan Takut," ucap Jurfredi.(kamparkab 14) 

Berita Terkait