post image

Hangtuah Menuju Swasembada Cabe

Perhentianraja – Desa Hangtuah ditargetkan akan berswasembada cabe mulai tahun ini. Selasa siang (11/4) ketua Tim Penggerak Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kampar, Herawati Syahrial menyerahkan 3000 bibit cabe untuk masyarakat Desa Hangtuah. "Ibu - ibu harus menyukseskan program penanaman cabe ini. Rawat tanamannya dengan baik, sehingga (nantinya) kita mampu berswasembada cabe. Setidaknya untuk rumah tangga sendiri," ungkap Herawati.

Bantuan bibit cabe yang diserahkan untuk masyarakat desa yang berada di Kecamatan Perhentianraja tersebut, sebelumnya diterima Herawati dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Riau. Program ini merupakan program Kementerian Pertanian bertajuk Program Gerakan Tanam Cabai 500.000, yang dilaksanakan melalui BPTP Riau. Dalam pelaksanaannya, bekerjasama dengan TP-PKK Provinsi Riau dan TP-PKK  Kabupaten Kampar.

Camat Perhentian Raja Yuriko Effril S.STP, menyambut baik dan berterimakasih atas dipilihnya Desa Hangtuah sebagai salah satu lokasi penanaman bibit cabe yang dipilih oleh TP PKK Kampar. “Jangan sia-siakan kesempatan ini. Tidak setiap desa mendapatkan bantuan bibit cabe,” harap Yuriko kepada masyarakat Desa Hangtuah. Dikatakannya, sepuluh kepala keluarga di setiap RT yang ada di Desa Hangtuah akan mendapatkan bantuan bibit cabe.

Nantinya 3000 bibit cabe yang diserahkan Ketua TP PKK akan dimanfaatkan oleh 300 keluarga yang ada di desa Hangtuah. “Kami sangat berterimakasih dan merasa sangat beruntung atas bantuan ini. Semoga desa kami nantinya dapat berswasembada cabe,” ungkap Kepala Desa Hangtuah,Aji Purwanto.

Sementara itu, Sri Swastika dari BPTP Riau mengungkapkan, bahwa bibit sebanyak 3000 ini merupakan tahap awal pelaksanaan program gerakan tanam cabe. “Semoga bibit cabe ini dapat dikembangkan dengan baik agar bermanfaat bagi masyarakat,” katanya. Disebutkan Sri Swastika, jika masih ada desa lainnya yang menginginkan (bantuan yang sama), dapat mengajukan permintaan dengan berkoordinasi melalui PKK kabupaten yang bekerjasama dengan PKK provinsi untuk selanjutnya diajukan ke BPTP Riau. (DAT)
 
Berita Terkait