post image

Ini Hasil Verifikasi Ulang Dukungan Alfisyahri-Asbin Wibowo Di Desa Kualu

Kamparkab  - Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar telah melakukan verifikasi ulang dukungan perbaikan pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar dari jalur independen Alfisyahri-M Asbin Wibowo, Selasa (1/11/2016) di Desa Kualu Kecamatan Tambang, namun belum bisa memenuhi syarat minimal untuk bisa ditetapkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kampar tahun 2017.

Komisioner KPU Kampar Devisi Teknis dan Humas, Sardalis kepada kamparkab, Rabu (2/11/2016) mengungkapkan, verifikasi ulang ini dilakukan sesuai surat rekomendasi dari Panitia Pengawas (Panwas) tertanggal 27 Oktober lalu. Panwas menemukan 1.282 dukungan perbaikan di desa ini belum diverifikasi. Verifikasi ulang ini dilaksanakan hanya sehari di Desa Kualu saja.

Verifikasi faktual ulang ini juga dihadiri balon Bupati Kampar Alfisyahri, KPU Kampar, PPK dan PPS serta Panwaslu dan jajaran.

Sardalis mengatakan, hasil verifikasi faktual dukungan Alfisyahri-M Asbin Wibowo yang selesai pukul 22.45 WIB, Selasa (1/11/2016) dari 1.282 dukungan yang diverifikasi hanya 782 yang masuk dalam kategori memenuhi syarat (MS) dan sisanya 500 dukungan tidak berhasil diverifikasi karena masyarakat yang memberikan dukungan melalui KTPnya  tidak hadir dan tidak bisa ditemui.

Sardalis menyebutkan, sebelumnya, KPU menyatakan Alfisyahri-M Asbin Wibowo tidak dapat diloloskan sebagai Pasangan Calon Kepala Daerah peserta Pilkada Kampar 2017. Ini disebabkan dukungan tidak memenuhi syarat jumlah minimal. Pasangan ini kemudian mengajukan keberatan dan melapor ke Panwas.

Pada saat penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar 21 Oktober 2016 lalu, pasangan Alfisyahri-M Asbin Wibowo tidak lolos menjadi calon karena jumlah dukungan minimal tak bisa dipenuhi karena pasangan ini kekurangan dukungan 1.445 dukungan. Meskipun hasil verifikasi faktual sesuai dengan rekomendasi Panwaslu Kampar telah mendapatkan tambahan 782 dukungan yang memenuhi syarat namun tak bisa memengaruhi keputusan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar untuk Pilkada 2017.

"Seperti diketahui syarat minimal untuk bisa ditetapkan menjadi Calon bupati dan wakil bupati yakni 40.863 dukungan," terang mantan PPK Tambang itu.

Sebelumnya, KPU menyatakan Alfi-Asbin tidak dapat diloloskan sebagai Pasangan Calon Kepala Daerah peserta Pilkada Kampar 2017. Ini disebabkan dukungan tidak memenuhi syarat jumlah minimal. Pasangan ini kemudian mengajukan keberatan dan melapor ke Panwas.

Sardalis menjelaskan, teknis verifikasi ulang sama dengan verifikasi dukungan perbaikan sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2016. Dikatakan dia, pemberi dukungan dihadirkan oleh Tim Penghubung untuk diverifikasi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Hanya yang dihadirkan itulah yang diverifikasi," tandas Sardalis.(kamparkab /14)

Berita Terkait