post image

Kampar Tuan Rumah Pelaksanaan HARGANAS ke 23

Kamparkab - Penghargaan bagi Kabupaten Kampar dengan ditunjuknya Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang sebagai pusat peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke 23 tingkat Provinsi Riau yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 September 2016.

Demikian dikatakan Kepala Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan Drs. Edi Afrizal, M. Si ketika memimpin Rapat persiapan penyelenggaraan Harganas yang dilaksanakan di Aula Kantor BKBPP Bangkinang, Senin (22/8).

Dipilihnya Desa Pulau Lawas sebagai tempat acara peringatan dikarenakan Desa ini merupakan salah satu desa Kampung Keluarga Berencana yang telah ditetapkan Provinsi Riau, Peringatan Hari Keluarga Nasional merupakan momentum rutin yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1993 ungkapnya.

Selain itu Keputusan Presiden R.I No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (HARGANAS)  telah menetapkan tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional dan bukan merupakan hari libur. Meningkatnya komitmen Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah tentang pentingnya pembangunan keluarga serta meningkatkan keluarga mengenai peran dan fungsi keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berketahanan dan sejahtera.

Disampaikan Edi Afrizal tujuan khusus dilaksanakan Harganas adalah upaya Meningkatkan peran serta seluruh Stakeholder dan mitra kerja serta masyarakat dalam pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk membangun    Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Meningkatnya Peran Keluarga melalui pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sebagai dasar ketahanan dan kesejahteraan keluarga.   Terbentuknya kesiapan keluarga dalam menghadapi permasalahan dan tantangan dalam kehidupan keluarga ucapnya.

Selain itu pada puncak acara juga dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Kegiatan gerak jalan santai, gerakan penyuluhan untuk anak usia sekolah, serta kegiatan bazaar, donor darah, pelayanan KB serta lomba lomba menggambar yang diikuti anak Sekolah Dasar lainnya ungkap Edi Afrizal.

Ditambahkan Edi Afrizal acara ini juga untuk memanfaatkan melalui Forum HARGANAS XXIII sebagai momentum strategis untuk memantapkan pelaksanaan “Kampung KB” di seluruh wilayah tanah air Indonesia pungkas Edi Afrizal.

Dalam rapat tersebut hadir sejumlah Kepala SKPD terkait, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kampar dan pihak lainnya. (kamparkab/08).

Berita Terkait