post image

Keberadaan BNK Sangat Membantu Masyarakat

Kamparkab - Kiprah Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kampar dalam melaksanakan kegiatan rehabilitasi para korban penyalahgunaan narkoba selama ini sudah dirasakan sangat membantu masyarakat. Sudah banyak anggota masyarakat Kampar bahkan dari Kabupaten/Kota lain di Riau dan luar Riau yang menjalani rehabilitasi di BNK Kampar.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H Jefry Noer SH ketika berbincang dengan Riau Pos, Sabtu (3/12) terkait keberadaan BNK Kampar dengan berbagai program yang telah dijalankan selama lebih kurang lima tahun terakhir.

Jefry mengatakan bahwa BNK Kampar memang sudah tergolong salah satu BNK terbaik di tanah air. Bahkan BNN Pusat sudah mengalokasikan sejumlah dana bantuan untuk BNK Kampar melihat kinerja BNK Kampar yang sangat baik dalam melaksanakan rehabilitasi. “Pemkab Kampar memang berkomitmen untuk terus membantu keberlangsungan BNK Kampar sebagai lembaga yang memiliki peran luar biasa dalam membantu para korban penyalahgunaan narkoba,”ujarnya.

Melihat begitu pentingnya keberadaan BNK, Jefry juga berharap agar ke depan BNK Kampar semakin eksis, dan semakin banyak membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan rehabilitasi. Untuk pengembangan ke depan, BNK dapat memanfaatkan lahan yang cukup luas di belakang kompleks bangunan lama RSUD Bangkinang, untuk digunakan sebagai lokasi kegiatan bagi residen BNK. “Di sana bisa dibuat berbagai sarana untuk dijadikan arena kegiatan residen, apakah semacam pelatihan keterampilan tertentu, sehingga ketika keluar dari rehab, para residen memiliki keahlian untuk bekerja di tengah masyarakat,’’ucap Jefry.

Pada kesempatan terpisah, Kepala BNK Kampar AKBP Purn H Djanuarel SH menambahkan bahwa sejak melaksanakan rehabilitasi mulai tahun 2013, BNK Kampar sudah merehab lebih dari 500 residen, baik laki-laki dan perempuan. Antrian untuk menjalani rehabilitasi tersebut cukup banyak, karena permintaan untuk rehabilitasi ke BNK Kampar dari berbagai daerah juga cukup tinggi. Adapun kapasitas ruang rehab di BNK mencapai 60 tempat tidur.

Menyinggung tentang bantuan pusat, Djanuarel mengatakan bahwa BNN Pusat membantu biaya makan residen. “Alhamdulillah, perhatian BNN Pusat terhadap BNK Kampar cukup baik, karena setiap tahun bantuan terhadap BNK diberikan untuk biaya makan minum residen,’’ujarnya.(kamparkab/13)

Berita Terkait