post image
Jefry Noer “Evaluasi Kinerja SKPD”

Kecewa Capaian Sasaran Program Lima Pilar dan Tiga Zero

Bangkinang Kota (kamparkab.go,id) - Kecewa dengan kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) termasuk para Camat  yang kurang Memahami Program lima Pilar
untuk mewujudkan tercapainya sasaran tiga zero di Kabupaten Kamparyaitu zero kemiskinan, pengangguran dan zero rumah kumuh, BupatiKampar H.Jefry Noer gelar  rapat evaluasi tiga zero dan penandatanganan fakta integritas bagi Pejabat yang baru dilantik, yang digelar di ruang rapat kantor Bupati lantai tiga, Senin (20/10).

Jefry mengatakan kegiatan pembangunan  tahun 2014 efektifnya  tinggal dua bulan lagi,  karena itu kepada seluruh SKPD musti paham apa itu program lima pilar pembangunan, apa itu tiga Zero dan sejauhmana keberhasilan sasaran pembangunan terealisasi.

Dijelaskan Jefry, mudah dalam memahami ataupun mengelola dan menjalankan lima pilar karena Program lima pilar pembangunan adalah program real dan dapat diwujudkan di lapangan, cara mewujudkan itu harus bekerja dan turun ke lapangan.

Dengan mapping jumlah penduduk, melalui kepala Desa (Kades), Kades meminta RT nya mendata jumlah penduduk agar di ketahui berapa jumlah warga miskin, menganggur dan keberadaan rumah kumuh.

Dari data tersebut berdayakan masyarakat miskin dan menganggur untuk ikut program ekonomi kerakyatan Pemda Kampar, program apa yang harus dilakukan untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat miskinnya, membantu masyarakat penganggur dan masalah rumah kumuh.

seperti Program pelatihan pertanian terpadu dengan P4S nya, ada pelatihan menjahit bagi kaum perempuan, keberadaan koperasi selain sebagai penyedia kebutuhan masayarakat juga sebagai lembaga keuangan non perbankan dan program lainnya.

Setelah berjalan dan memberdayakan masyarakat miskin dan menganggur, dalam kurun waktu tertentu, evaluasi ulang sejauh mana berjalan dan perkembangan di masyarakat, melalui laporan dari RT dan Kades, dari situ evaluasi kembali oleh camat maka di ketahui berapa peningkatan dan program apa saja berjalan di tiap Kecamatan.

karena dari situ bagi masyarakat yang mau ikut pelatihan dan program ekonomi kerakyatan , akan dapat diukur keberhasilan program pembangunan termasuk tercapainya sasaran pembangunan untuk mengentaskan tiga zero,jelas Jefry.

Tetapi selama ini, saya nilai yang terjadi dilapangan kenyataannya Camat belum paham betul apa itu lima pilar dan tujuan yang akan di capai yaitu terwujud zero kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh, tegas Jefry.
 
Karena itu Jefry meminta laporan perkembangan data kemiskinan, jumlah pengangguran dan rumah kumuh kepada Para Camat dalam rapat evaluasi pembangunan tersebut yang kemudian  di cek Bupati satu persatu untuk evaluasi akurasi data kepada para Camat, sejauh mana keberhasilan program berjalan dan kebenaran data disampaikan Camat.

Keseriusan Jefry memastikan akurasi data dan keberhasilan program pembangunan berjalan tujuannya jelas, untuk memastikan apakah para Camat betul-betul bekerja di lapangan,  karena kalau ditanya untuk menerangkan kenapa data laporan baik jumlah penduduk miskin, yang menganggur bisa meningkat ataukah menurun, tentu Camat dapat menerangkan dengan rinci, dari situ pula ketahuan kinerja Camat nanti,ucapnya.

Tak hanya para Camat yang di tanyai Jefry, begitu pula kepada Pimpinan SKPD seperti Soal Rumah Sakit yang baru, Jefry mempertanyakan agar dapat segera di fungsikan karena itu apa kendala dilengkapi baik itu soal Jenset dan travo, berkenaan IPAL rumah sakit dan lainnya termasuk Dinas Perkebunan, peternakan, Perikanan, Pertanian, Pertambangan ditanyai Jefry satu persatu dan meminta laporan perkembangan program Dinasnya.

Sementara Sekdakab Kampar Zulfan Hamid menambahkan, dengan  mengurai kembali terget sasaran yang akan diwujudkan melalui program ke aripan lokal yang dijalankan Pemda Kampar dengan lima Pilar pembangunan dengan target sasaran terwujudnya tiga zero di Kampar yaitu zero Kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh.

Dari validasi data Camat  terukur program apa yang berjalan dan keberhasilan mengentaskan tiga zero di tiap Kecamatan karena kunci keberhasilan melaksanakan tugas yaitu Komitmen dan keseriusan dalam bekerja kerja, ucap Zulfan. (Humas Kampar)

Berita Terkait