post image

KPPS Se-Bangkinang Kota Dilantik, PPK Bangkinang Kota Gelar Bimtek Terpadu

kamparkab - Kelompok Penyelanggara Pemungutan Suara (KPPS), pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kampar tahun 2017, se-Kecamatan Bangkinang Kota dilantik dan diambil sumpah oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam acara pelatikan KPPS yang digelar di kantor Camat Bangkinang Kota, Minggu (22/1/17).
 
Ada 62 KPPS/TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang terdapat dilingkup kecamatan Bangkinang Kota, dengan rincian 27 TPS terdapat di Kelurahan Langgini, 24 TPS di Kelurahan Bangkinang, 6 TPS di Desa Kumantan dan 5 TPS di Desa Ridan Permai. Setiap KPPS memiliki 7 orang yang terdiri daei 1 orang Ketua dan 6 orang anggota ditambah 2 orang linmas.
 
Hadir pada kesempatan tersebut, Anggota KPU Kabupaten Kampar Dahmizar, Ketua PPK Kecamatan Bangkinang Kota Masri Dalmi dan anggota, Sekretaris PPK Irianto Pamungkas dan staf, Ketua Panwaslu Kecamatan Bangkinang Kota Marhaliman, Bhabinkamtibmas Bangkinang Aiptu Erisman, serta Ketua dan anggota PPS se-Kecamatan Bangkinang Kota.
 
Setelah acara pelantikan dan pengambilan sumpah dilanjutkan dengan bimbingan teknis terpadu pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kampar Tahun 2017. Materi disampaikan oleh narasumber Dahmizar dan Masri Dalmi dengan moderator Zulfahmi.
 
Ketua PPK Kecamatan Bangkinang Kota Masri Dalmi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa KPPS merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kampar Tahun 2017. Sukses atau tidaknya pilkada sangat bergantung kepada kerja KPPS.
 
Masri menjelaskan secara gamblang bagaimana teknis pemungutan dan penghitungan suara di TPS mulai dari persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara. Demikian juga dengan logistik apa saja yang diperlukan  saat pemungutan dan penghitungan suara.
 
Masri mengingatkan agar KPPS menuntaskan pengisian seluruh formulir yang ada terutama, model C  dan C1 beserta lampirannya. Pengisian lampiran C1 harus singkronisasi datanya sehingga tidak menimbulkan persoalan di tingkat yang lebih tinggi. "Selesaikan persoalan yang timbul di tingkat KPPS dengan melibatkan pengawas TPS," ujarnya.
 
Sementara itu Bhabinkamtibmas Aiptu Erisman menyampaikan himbauan kepada peserta untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban apalagi menjelang pelaksanaan Pemilihan  Bupati dan Wakil Bupati Kampar Tahun 2017. Pihaknya siap membantu mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kampar dalam hal memberikan pengamanan.
 
Ketua Panwaslu Kecamatan Bangkinang Kota Marhaliman yakin pelaksanaan pilkada di Kecamatan Bangkinang Kota akan sukses, apalagi KPPS  yang baru dilantik adalah mereka yang berpengalaman dalam penyelenggaraan di sebagai penyelenggara pemilu.
 
Marhaliman menyampaikan bahwa panwas juga memiliki petugas pengawas di tingkat KPPS. Oleh sebab itu sebagai sesama penyelenggara antara pengawas TPS bisa bersinergi dengan KPPS. "Mari kita sama-sama mensukseskan pilkada," ujarnya.
 
Kemudian anggota KPU Kabupaten Kampar Dahmizar menyampaikan  pentingnya menjaga transparansi. Sampaikan segera model C1 kepihak yang berhak seperti saksi, pengawas, PPS, PPK dan KPU sesegera mungkin sesuai aturan.
 
Dahmizar menjelaskan tentang pengisian formulir. Ia menegaskan pentingnya tertib administrasi. Data pemilih dan surat suara harus singkron sehingga tidak menimbulkan persoalan. (Kamparkab-019)
Berita Terkait