post image

Menghadapi Banjir, OPD Siapkan Langkah-langkah Administratif

Kamparkab - Asisten Admnistrasi Umum Ir. Nurahmi yang mewakili Bupati Kampar dalam pengarahan pada upacara gabungan lingkup OPD Kab. Kampar di Lapangan Kantor Bupati pada hari ini senin (6/3) menyatakan bahwa Menghadapi situasi bencana banjir di wilayah Kabupaten Kampar Nurahmi  memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menyiapkan langkah-langkah administratif berkenaan dengan tahapan jika status bencana banjir meningkat dan berdampak.  Hal tersebut disampaikannya dalam memberikan arahan dan pesan kepada seluruh stakeholder melalui What Up (WA) dalam rangka memantau setiap perkembangan menghadapi bencana banjir di wilayah Kabupaten Kampar.

Pada update informasi dari pihak PLTA pada pukul 19.00, tadi malam, Pj Bupati Kampar menyampaikan bahwa diketahui turbin beroperasi sebanyak tiga unit dan beban 115MW. Pembukaan pintu spill way PLTA sebanyak 5 pintu masing-masing 1 meter dengan out flow 710,59 meter kubik per detik. Posisi elevasi 82,82Mdpl, out flow turbin 351,08 meter kubik per detik, outflow total 1061,67 meter kubik per detik, sedangkan inflow 1369,24 meter kubik per detik.

Nurahmi juga menyebutkan pada hari ini bapak Pj Bupati mendampingi Gubernur Riau ke kec. Gunung Sahilan dalam rangka penyerahan bantuan banjir. Hal ini dikatakan Nurahmi ketika memipin apel Gabungan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Senin (6-3)

Menghadapi situasi bencana banjir di wilayah Kabupaten Kampar Nurahmi  memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menyiapkan langkah-langkah administratif berkenaan dengan tahapan jika status bencana banjir meningkat dan berdampak.  Hal tersebut disampaikannya dalam memberikan arahan dan pesan kepada seluruh stakeholder melalui What Up (WA) dalam rangka memantau setiap perkembangan menghadapi bencana banjir di wilayah Kabupaten Kampar.

Pada update informasi dari pihak PLTA pada pukul 19.00, tadi malam, Pj Bupati Kampar menyampaikan bahwa diketahui turbin beroperasi sebanyak tiga unit dan beban 115MW. Pembukaan pintu spill way PLTA sebanyak 5 pintu masing-masing 1 meter dengan out flow 710,59 meter kubik per detik. Posisi elevasi 82,82Mdpl, out flow turbin 351,08 meter kubik per detik, outflow total 1061,67 meter kubik per detik, sedangkan inflow 1369,24 meter kubik per detik.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh tim Posko Siaga  Banjir Pemkab Kampar diketahui bahwa banjir melanda empat kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar. Daerah yang terkena banjir tersebut yaitu Kecamatan Gunung Sahilan yang terdiri dari Desa Gunung Sahilan, Desa Sahilan Darussalam, Desa Subarak, Desa Sei Lipai. Kecamatan Kampar Kiri yaitu Desa Muara Setingkai. Kecamatan XIII Koto Kampar yaitu di Desa Balung dan Kecamatan Koto Kampar Hulu yaitu di Desa Tanjung.

Banjir yang terjadi di empat kecamatan itu bukanlah daerah yang terdampak dari dibukanya pintu waduk PLTA Koto Panjang, karena  air yang masuk ke daerah tersebut berasal dari hulu Sungai yang berbeda. Banjir di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar  Hulu merupakan banjir kiriman langsung dari kawasan Pangkalan Kabupaten 50 Kota, karena daerah tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten 50 Kota.

Dirinya  juga menghimbau agar OPD memastikan masing-masing satuan tugas membuat laporan sesuai tupoksi serta melaporan kompilasi & komprehensif, di sampaikan setiap hari pada waktu yang ditentukan. Selain itu juga setiap laporan diupayakan singkat, akurat dan Up to dateng serta untuk transparansi mekanisme pencatatan bantuan dan logistik dibuat tertulis dan dipaparkan di Posko Induk hingga bisa diakses publik. Nurahmi  mengingatkan agar selalu menjaga kekompakan dan saling dukung, sedangkan untuk masyarakat ia juga menghimbau agar selalu tenang dalam menghadapi situasi bencana tahun ini, berdoa agar Kampar selalu dilindungi Allah Swt 

Selanjutnya diharapkan kedepannya kita bisa bekerjasama dengan investor untuk pembangunan beberapa ruas jalan dan dapat membuka akses  ekonomi masyarakat kita terutama dari Rantau berangin - Bangkinang Seberang informasinya akan di prioritaskan juga sehingga bisa mempercepat perjalanan lintas Pekanbaru - Bangkinang. Diharapkan program-program Kampar kedepannya bisa masuk dalam APBD lima tahun kedepan dan kita masyarakat Kampar mampu bekerjasama dengan para investor dari luar nantinya.

Diahkir pengarahannya Ir. Nurahmi menyatakan semoga kedepannya para seluruh Program dan Kegiatan yang diusulkan  oleh setiap Organisasi Perangkat  Daerah (OPD)  pada Renja (rencana kerja) OPD Tahun 2018,  harus bermuara atau mengerucut untuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kampar terpilih tahun 2017-2022 dan mampu membantu perkembangan Kabupaten Kampar ke level yang lebih baik lagi. Peserta Apel Gabungan dipemerintahan Kabupaten Kampar diikuti seluruh OPD, Satuan Polisi Pamong Praja dan Tenaga Harian Lepas (THL). (Kamparkab)

Berita Terkait