post image

Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2017, Pokir DPRD, Renja OPD Sejalan Dengan Visi Misi Bupati

Kamparkab - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kampar Tahun 2017, yang digelar di aula kantor Bupati Kampar, Selasa (14/3/17) berjalan lancar dan sukses. Musrenbang ini dibuka Pj Bupati Kampar H. Syahrial Abdi, AP, MSi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Kampar terpilih Azis Zaenal-Catur Sugeng Susanto, Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmad Rahim, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri, SAg beserta hampir seluruh anggota DPRD Kabupaten Kampar, Forkopimda Kampar, Anggota DPRD Provinsi Riau DR. H. Ilyas HU, SH, MH, Adriyan dan Ramos Teddy Sianturi, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, MSi, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Camat se-Kabupaten Kampar.

Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi   saat membuka Musrenbang ini menyampaikan bahwa penyusunan APBD 2018 sudah mengacu kepada amanah Undang-Undang Nomor : 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2017 adalah wadah musyawarah yang melibatkan seluruh stakeholder Kabupaten untuk merumuskan lebih lanjut rancangan RKPD berdasarkan Renja OPD Hasil Forum Gabungan OPD dan Pra Musrenbang Kabupaten. Hasil akhir tahapan perencanaan ini adalah  dokumen RKPD tahun 2018 yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati Kampar, yang akan menjadi  acuan dalam pelaksanaan renja OPD. “Dengan demikian seluruh Renja  OPD harus mengacu kepada program prioritas yang tertuang dalam RKPD Tahun 2018,” ujarnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa  Tujuan Penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2017 adalah untuk, Menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Kampar dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Riau dan Nasional. Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kabupaten pada Musrenbang kecamatan. Mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas kabupaten. Menyepakati program dan kegiatan prioritas daerah.

Musrenbang Kabupaten ini mengangkat tema “Mendorong Pembangunan Infrastruktur, Investasi dan Industri Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dan Pencapaian Daya Saing Daerah”.

Keluaran dari pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2017 adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan daerah yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan RKPD tahun 2018, yang meliputi, Rencana Program dan kegiatan prioritas daerah dan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2017.

Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan rapat pleno yang diisi dengan penyampaian  materi oleh Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmad  Rahim yang menyampaikan Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Riau Tahun  2018. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar. Selanjutnya penyampaian visi dan misi oleh Bupati Kampar terpilih H. Azis Zaenal dan ekspose Kepala Bappeda Kabupaten Kampar  Ir. H. Azwan, MSi  tentang Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2018.

Pj. Bupati Kampar Syahrial Abdi selaku moderator sidang pleno ini menyampaikan bahwa  seluruh pokok-pokok pikiran  DPRD Kabupaten Kampar yang disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Kampar mengarah kepada terwujudnya visi dan misi Bupati Kampar terpilih Azis Zaenal-Catur Sugeng Susanto. Demikian juga  Rencana kerja perangkat daerah mengarah kepada  visi dan misi Bupati Kampar Terpilih.

Adapun Visi dan Misi Bupati Terpilih yang disampaikan Azis Zaenal adalah Visi : Mewujudkan Kabupaten Kampar Sebagai Wilayah Industri Berbasis Pertanian dan Perkebunan dengan Masyarakat yang Berakhlak, Berbudaya dan Beradat Menuju Masyarakat Sejahtera. Sedangkan misinya, Menyiapkan Sumber Daya Manusia Yang Handal dan Profesional, Membuka Kawasan Pertanian Yang Modern, Menciptakan Iklim Usaha Yang Kondusif, Melestarikan Adat Istiadat Yang Berkembang Ditengah Masyarakat, Melestarikan Kabupaten Kampar Sebagai Serambi Mekkahnya Riau.

Diakhir Acara dilakukan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2017 oleh Perwakilan Camat, Kepala OPD, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan, Pimpinan DPRD  Ahmad Fikri, Pj. Bupati Kampar Syahrial Abdi disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih Azis Zaenal-Catur Sugeng Susanto. (Kamparkab-019)

Berita Terkait