post image

Ninikmamak Pemersatu Negeri

Kamparkab- Bupati Kampar H.Jefry Noer mengharapkan Ninikmamak adalah pemersatu Negeri dan  anakkemenakan, karena siapapun calon Bupati yang diusung adalah putra terbaik Kampar dan untuk kemajuan Kabupaten Kampar ke depannya untuk itu selaku orang tua harus dapat bijak dan bersama demi kemajuan daerah.

Begitu disampaikan Bupati Kampar H.Jefry Noer sekaligus selaku payung panji adat Kabupaten Kampar usai melantik pengurus Lembaga Adat Kampar ( LAK ) masa bhakti  2016 - 2020 di aula Balai Bupati, jumat (9/12).

Bupati menambahkan, sekarang sudah masuk tahun politik di Kabupaten Kampar, siapapun calon Bupati terpilih merupakan putra terbaik nantinya untuk membangun dan memajukan Kabupaten Kampar.

Disamping itu Bupati mengharapkan melalui LAK agar dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi menyangkut berbagai persoalan termasuk pada anak kemenakan apalagi dalam mengatasi maraknya peredaran naroba yang sudah merajalela sampai ke pelosok desa, kata Bupati.

Menyikapi masalah wilayat atau lahan kenegerian, Bupati mengingatkan agar jangan ada lagi wilayah ?enegerian yang dijual tetapi dapat diupayakan dengan dikerjasamakan dengan perusahaan atau pengusaha untuk pengembangan lahan menjadi potensial demi kemajuan bersaama.

LAK harus dapat menatap Ke depan, bagaimana memajukan LAK bersama anakkemenakan dan jangan lagi menengok ke belakang maksudnya apa yang sudah terjadi dapat dijadikan pengalaman dan pembelajaran semua.

Ninikmamak harus dapat bersatu memajukan Kampar karena kedudukan Ninikmamak menentukan kemajuan wilayah Kabupaten Kampar dimana wilayah Kampar berada di pundak Ninikmamak selaku penguasa dan tampuk tertinggi kekuasaan wilayah masing- masing.

Melalui musyawarah bersama Ninikmamak dan anakkemenakan wilayah kenegerian, mari bersama kita sinergi memajukan Kampar ke depan,ajak Bupati.

Kepada pengurus terpilih Bupati mengharapkan agar jangan ada dukung- mendukung secara tertulis terhadap dukungan calon Bupati tetapi kalau dukungan secara pribadi silahkan saja.

Bupati juga mengharapkan agar Ninikmamak dapat menghidupkan kembali dubalang adat Kampar yang selama ini tidak aktif, sehingga dapat bersama mengawasi pembangunan, membantu Ninikmamak mengatasi permasalahan terjadi.

Terakhir Bupati mengatakan sekalipun masa tugas sebagai Bupati berakhir pada 11 desember besok namun hati saya tetap buat Kampar dan akan terus berupaya memajukan Kampar,ungkap Jefry Noer yang pada 11 Desember besok akan sertijab (serah terima jabatan)  selaku Bupati Kampar periode 2011 - 2016 di pekanbaru.

Sementara itu Ketua LAK Kampar yang baru dilantik H.Ramli R,Dt.Permato Said mengajak semua Ninikmamak untuk bersama meningkatkan harkat dan martabat Ninikmamak ke depannya, sekalipun ada perbedaan sebelumnya tetapi ke depan mari bersama majukan LAK,ujarnya.

Ketua H.Ramli R,Dt.Permato Said yang didampingi Sekretaris Zamasari,Dt.Sati dalam kesempatan itu pula mengucapkan terima kasih kepada Bupati atas perhatian dan bantuan kepada Ninikmamak untuk perkembangan dan persatuan Ninikmamak se Kabupaten Kampar, apalagi sejauh ini Kampar telah menganggarkan dana untuk bantuan kepada kami Ninikmamak,ujarnya.

Pelantikan LAK sesuai Keputusan pengurus Lembaga Adat Kampar (LAK) No.01/LAK-SER/IX/2016  tanggal 8/09/2016 tentang pengangkatan pengurus LAK Kampar periode 2016 – 2020 diantaranya Pelindung Bupati Kampar,  Pembina Prof.DR.H.Amir Lutfi,Dt.Bandaro Sati, Ketua H.Ramli R,Dt.Permato Said dan Sekretaris Zamasari,Dt.Sati. (kamparkab/03)

Berita Terkait