post image

Para Dai Agar Selalu Sampaikan Materi Anti Narkoba

Kamparkab-Seluruh dai di Kabupaten Kampar yang bertugas menyampaikan ceramah di Masjid-masjid selama bulan suci Ramadhan diharapkan agar selalu menyediakan waktu ceramahnya untuk menyampaikan materi tentang anti narkoba.

            Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H Jefry Noer SH melalui Kabag Humas Pemkab Kampar Sabaruddin SSos, Senin (13/6) ketika berbincang tentang materi ceramah Ramadhan di Kabupaten Kampar.

            Persoalan narkoba bukan lagi persoalan yang sederhana, tetapi merupakan persoalan serius karena Kampar sudah tergolong darurat narkoba. Narkoba tidak masuk ke seluruh pelosok desa, bahkan jumlah pemakai narkoba di Kabupaten Kampar tergolong tinggi. “Untuk itu, mari selamatkan generasi penerus kita, karena umumnya pemakai narkoba adalah generasi muda. Meskipun tak jarang ada juga yang sudah berusia lanjut maupun yang masih anak-anak. Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama,’’ungkapnya.

            Disebutkannya, bila dalam setiap ceramah, seorang dai memiliki waktu 30 menit, maka diharapkan dapat mengisinya 10 menit untuk materi anti narkoba. Bila ada waktu 15 menit, maka setidaknya 5 menit untuk menyampaikan tentang bahaya narkoba. “Seluruh komponen harus ambil bagian dalam upaya perang terhadap narkoba, sesuai dengan fungsi dan tugas kita masing-masing,’’ucapnya.

            Bila ada di tengah masyarakat yang menjadi pemakai narkoba, maka Bupati mengimbau untuk segera mengantarkannya ke panti rehabilitasi Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kabupaten Kampar di gedung lama RSUD Jalan A Rahman Saleh Bangkinang Kota. “Kita memiliki panti rehab, daerah lain saja antri untuk datang ke Kampar guna mendapatkan rehab. Makanya, masyarakat Kampar yang memerlukan rehab, agar segera dibawa ke BNK,’’tegas Bupati.

            Sebelumnya, dalam acara kenal pamit Kapolres Kampar baru-baru ini di Balai Bupati Kampar, Bupati juga menyampaikan dukungannya kepada jajaran Polres Kampar untuk pemberantasan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Kampar. Bupati juga telah menggandeng jajaran TNI untuk bersama membangun masyarakat, dimana telah ada MoU Pemkab Kampar dengan Kodim 0313/KPR tentang kebangsaan dan bela negara, yang salah satunya tentu pemberantasan narkoba.(kamparkab/013)

Berita Terkait