post image

Perlu Persiapan Matang Untuk Penanggulangan Bencana.

Perlu Persiapan Matang Untuk Penanggulangan Bencana.

Bangkinang Kota (Kamparkab.go.id)-"Diperlukan persiapan dan kesiapan semua kita untuk mengantisipasi bencana di kab  kampar", Sekdakab kampar Zulfan Hamid kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar agar menerbitkan surat untuk seluruh perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kampar, surat ini berisikan laporan ketersedian tenaga dan alat penanggulangan bencana, khususnya bencana kebakaran lahan.  Ini diperlukan, agar kita mengetahui seberapa serius perusahaaan yg beroperasi  diwilayah Kabupaten Kampar untuk mengantisipasi segala bencana diwilayah Kabupaten Kampar.

Hal ini disampaikan Zulfan Hamid pada acara rakornis bencana kabut dan asap di kabupaten diruang rapat lantai 3 kantor Bupati kampar (6-5).

Zulfan hamid juga meminta kepada bpbd dan pihak polres serta kodim untuk mengoperasikan posko-posko ini selama 24 jam khususnya telah trjadi bencana kebakaran dan kabut asap. Untuk penanggulangan bencana, bukan hanya bencana kabut yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan saja, tetapi untuk semua bencana alam, seperti banjir, kemarau, longsor, maka untuk mempersiapkan lebih baik lagi buatlah perencanaan utk penanggulangan semua ini. BPBD dalam hal ini hrs buat perencanaan, dimulai dari desa hingga kecamatan.

Kaban BPBD Kab Kampar Ali Akbar menyampaikan bahwa BPBD telah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di desa-desa, dan masyarakat desa telah peduli api dan masyarakat sendiri memiliki paham bahwa adanya kebakaran lahan dan hutan adalah tanggungjawab mereka.

Dalam hal ini BPBD mengharapkan kepada pemda untuk memberikan bantuan berupa mesin pompa air kepada masing2 desa. BPBD juga menghimbau kerjasama kepada pihak-pihak berwenang seperti kapolsek, utk selalu memberikan info kepada kami BPBD dan camat setempat.  Selama kabut asap yang melanda kab kampar BPBD bersama aparat terkait telah mendirikan posko penanggulangan karhutla disetiap kecamatan dimasing-masing desa yang terdapat hotspot.(Humas Kampar)

Berita Terkait