post image

Perpustakaan Nasional Akan Bantu Buku Untuk Lapas Bangkinang

Kamparkab-Membaca bukan saja menjadi kebutuhan bagi masyarakat yang menghirup kebebasan di luar, tetapi juga diperlukan bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) seperti di LP Bangkinang Kota

"Perpustakaan Nasional (Pusnas) akan memberi bantuan ribuan buku perpustakaan untuk LP pada tahun 2015 ini," demikian kata Kepala Perpustakaan Kampar H.Nurhadi.MPd

Dia menyampaikan bahwa Pusnas membantu Lapas Bangkinang buku sebagai bentuk Perrpustakaan Khusus dan ini bentuk kepedulian pemerintah terhadap Napi dimana mereka harus mendapatkan kesempatan untuk membaca atau mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.

"Program ini sadah lama diusulkan, alhamdulillah baru tahun ini akan terwujud dan di Riau selain Kampar Kabupaten Bengkalis yang akan menerima bantuan sama.

Dia sampaikan bahwa Kakan perpustakaan Kampar bersama staf secara teknis akan membantu sistem pelayanannya.

Nurhadi menjelaskan bahwa pengembangan perpustakaan itu ada beberapa jenis diantaranya dalam undang undang disebut perpustakaan umum nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa.

Kemudian perpustakaan sekolah, ada juga perpustakaan khusus; seperti di mesjid, rumah sakit, lapas dan lainnya.

"Mudah-mudahan seluruh bentuk perpustakaan bisa kita wujudkan di Kabupaten Kampar, niat baiknya adalah SDM dapat meningkat dengan ada fasilitas dan jika pengetahuan masyarakat meningkat akan berdampak kepada ekonomi dan kualitas hidup mereka," ujarnya.

Disamping itu dia berujar bahwa menuntut ilmu itu adalah ibadah. Perpustakaan Kampar juga sedang berupaya mendorong terwujudnta masyarakat pendidikan dan  pembelajaran seumur hidup (long life education. (Netty)

Berita Terkait