post image

Pj Bupati Gelar Silaturahmi Dengan Kades Dan Pengurus BUMDes

Kamparkab - Dalam rangka  mensosialisasikan dana badan usaha milik desa (BUM Desa) dan penempatan Dana Desa 2017 serta peluncuran Agen BRILink bagi BUM desa di Kabupaten Kampar, Pj Bupati Syahrial Abdi menggelar silaturahmi dan temu ramah dengan pimpinan Bank BRI bersama Kepala desa beserta pengurus BUM desa se Kabupaten Kampar, di Aula Kantor Bupati Kampar, Kamis (12/1).

Dalam paparannya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kampar, Surya Budhi mengungkapkan pada tahun 2016 lalu, percepatan pembentukan kelembagaan BUM Desa di Kampar yakni sebanyak 222 BUMDes saat ini sudah terbentuk.

"BUMDes baru sebanyak 181 unit baru terbentuk, saat ini BUMDes tersebut sedang menilik usaha-usaha yang akan dilaksanakan agar dapat menguntungkan BUMDes khususnya masyarakat desa umumnya," ujar Surya Budhi.

Diantara unit-unit usaha yang akan dijalankan ialah melanjutkan kegiatan Unit Simpan Pinjam bagi BUMDes lama,, disamping itu juga kegiatan unit usaha Jasa, Agent Post, Sewa, Waserda, usaha perdagangan,  pertanian,  perikanan dan peternakan, pengelolaan Pasar Desa, Kebun dan Aset Desa serta kegiatan lainnya.

"Kegiatan unit usaha BUMDes disesuaikan dengan potensi SDA desa yang digali agar berdayaguna dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa tersebut melalui pengelolaan BUMDes," terangnya.

Berdasarkan laporan RKPDES dan APBDes, umumnya hampir seluruh desa menganggarkan dana desa untuk penyertaan modal ke BUMdesnya masing, dengan anggaran berkisar 60 - 120 juta rupiah per desa, bahkan beberapa desa ada yang menganggarkan hingga 200 juta rupiah untuk pengembangan unit usaha BUMDesnya melalui DD.

Dalam keterangannya Surya Budhi juga meminta Kepala Desa sebelum penyerahan DD ke BUMDes, BUMDes wajib menyampaikan Permohonan Permintaan Dana dilengkapi dengan Proposal, RAB penggunaan DD tersebut serta Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara BUMDes dengan Kades.

"Alhamdulillah, pada tahun Anggaran 2016 ini Bidang UEM BPMPD Kampar berhasil mendapatkan dan menerobos mencari bantuan anggaran ke Pusat pada Kantor Kementerian Desa PDTT RI, yakni Bantuan Kegiatan revitalisasi pasar desa serta bantuan modal leralatan bagi pengembangan unit usaha BUMDes," tambah Surya Budhi.

"Adapun bantuan yg diperoleh adalah bantuan Kegiatan Revitalisasi Pasar desa, pembangunan Los Pasar Desa Tanjung Alai kecamatan XIII Koto Kampar dan Pasar Desa Teratak Kecamatan Rumbio Jaya, serta Semenisasi jalan Pasar dan Semenisasi Lahan Parkir Pasar Desa Suka Mulya Kecamatan Bangkinang, dengan nilai anggarannya sebesar 300 juta rupiah," pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi berpesan kepada Stakeholder desa untuk bekerja keras, cerdas dan ikhlas.

"Lihat peluang dan potensi masing-masing yang ada didesa, dengan pengelolaan BUMDes yang baik dan profesional akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat desa, bekerja keras, cerdas dan ikhlas serta bersinergilah semua stakeholder yang ada didesa, dengan demikian cita-cita itu akan terwujud," terang Syahrial Abdi.

Teks foto : Pj BUPATI Syahrial Abdi didampingi Kepala BPMPD Kampar, Surya Budhi dan Pimpinan Bank BRI saat menggelar silaturahmi dan temu ramah dengan Kades dan pengurus BUMDes se Kabupaten Kampar.(kamparkab/20)

Berita Terkait