post image

PJ Bupati Kampar Hadiri Paripurna Perubahan Nama Kecamatan Kampar Timur

Kamparkab - PJ Bupati Kampar Syahrial Abdi AP MSi hadiri Sidang Paripurna perubahan nama Kecamatan Kampar Timur, dimana dalam Parpurna ini merupakan  penuntasan proses perubahan nama Kecamatan Kampar Timur menjadi kecamatan Kampa. Untuk itu DPRD Kampar melakukan sidang paripurna di Ruang sidang DPRD Kampar di Bangkinang (13/12). 

Paripurna yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD Kampar Sunardi dihadiri oleh para pimpinan DPRD dan anggota DPRD Kampar dan para kepala dinas terkait lainnya.

Dalam sidang ini, juru bicara Bapemperda DPRD Kampar Sri Wahyu Setianingsih membacakan hak inisiatif mereka pengusulan perubahan nama ini. Menurut Ayu, perubahan nama ini adalah usulan masyarakat kecamatan Kampar Timur agar mereka kembali ke nama kenegerian yang merupakan khazazan adat dan karateristik kearifan local yang mana usulan ini sudah disampaikan kepada DPRD pada akhir 2014 yang lalu. 

Bapemperda sendiri juga sudah membahas ini. Namun karena pada saat bersamaan ada dua kecamatan lain yang mengusulkan perubahan nama yaitu kecamatan Kampar dan kecamatan Kampar Utara. Dalam perkembangannya hanya kecamatan Kampar Timur yang dinilai paling siap.

Selanjutnya Bapemperda mengkaji usulan ini dengan mengadakan musyawarah dengan panitia perubahan nama, tokoh masyarakat, kepala desa, kepala dusun dan sebagainya. 

Bapemperda juga sudah melakukan pembahasan dengan instansi dan bagian terkait dalam bahasan ini. "Dan akhirnya kami mengusulkan agar dilaksanakanya perubahan nama kecamatan kampar Timur menjadi kecamatan Kampa. Dan ini dsahkan dalam bentuk peraturan daerah " ujarnya

Sidang pembahasan perubahan nama dilaksanakan pukul 10:30 hingga siang dan diskors hingga makan siang. Pukul 14:00 Wib, sidang dilanjutkan kembali dengan agenda mendengarkan pandangan umum angggota dewan terhadap perubahan nama kecamatan Kampar Timur menjadi kecamatan Kampa. Sidang memutuskan membentuk pansus dan sidang akan dilanjutkan minggu depan. Dalam jadwal sidang diperkirakan pembahasan perubahan nama ini akan tuntas pada 22 desember mendatang (Kamparkab/02) 

Berita Terkait