post image

Ribuan Umat Islam Laksanakan Sholat Id , Bupati Qurban Satu Ekor Kerbau

kamparkab- Ribuan umat Islam di Kabupaten Kampar  melaksanakan sholat Idul Adha. Dua diantara ratusan tempat pelaksanaan Idul Adha di Kabupaten yang selalu dipadati jamaah adalah di Masjid Jamik  Al-Ikhsan Kompleks Markaz Islamy dan Lapangan Merdeka Bangkinang Kota.

 Bupati Kampar H Jefry Noer SH dan keluarga beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kampar, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Kampar dan sebagian masyarakat Kota Bangkinang sekitarnya mengikuti sholat Id di Markaz Islamy Kampar, Senin (12/9).

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1437 H dimulai pada pukul 07.00WIB. Bertindak selaku Khatib DR Hidayatulah Ismail Lc MA, sebagai Imam adalah Masnur Abdul Rahman Al Hafidz. Khatib Dr Hidayatullah Ismail Lc MA dalam khotbahnya menyampaikan tentang makna yang terkandung dalam ibadah qurban, dimana ibadah qurban. Khotib mengulas kembali tentang perjuangan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah.

 Usai pelasanaan sholat Bupati Kampar H Jefry Noer, SH  beserta keluarga langsung melakukan penyembelihan hewan kurban  diareal mesjid Al-Iksan Markas Islamic Center Bangkinang senin (12/9).

Jefry Noer menjelaskan, bahwa dalam penyembelihan hewan kurban kerbau yang dilakukan beliau tersebut merupakan Kurban sekeluarga orang nomor satu di Kampar tersebut yang tergabung dalam kelompok I dari 16 kelompok peserta kurban di Mesjid Al-Iksan Islami Crnter Bangkinang untuk tahun 1437 H.

Jefry Noer berharap, semoga apa yang telah dikurbankanya pada hari Raya Idul Adha 1437 H ini bisa menjadi amal ibadah yang diterima disisi allah, kemudian hewan kurban tersebut semoga sangat bermamfaat bagi para masyarakat yang akan menerimanya.

Sementara itu, di tempat yang tidak jauh dari Markaz Islamy, yakni di Lapangan Merdeka Jalan Prof M Yamin Bangkinang Kota, ribuan umat Islam juga memadati lokasi sholat Id tersebut. Panitia pelaksana sholat Id di  Lapangan Merdeka berasal dari para Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kampar. Panitia Sholat Id Mardailis Dahlan ST kepada kamparkab mengatakan bahwa bertindak selaku khatib yaitu Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muhammadiyah Riau Jhon Hendri Hasan, dan selaku imam Ustadz Jauzar Hilmi yang merupakan guru tahfidz di SD Muhammadiyah Bangkinang Kota.  Turut hadir para unsur  Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kampar serta Aisiyah, NA dan Pemuda Muhammadiyah berbaur bersama masyarakat.

 Dalam khotbahnya yang sangat menyentuh, Jhon Hendri Hasan menyampaikan tentang makna berqurban. Jhon Hendri juga menyampaikan tentang kondisi bangsa Indonesia yang sangat memperihatinkan, mulai dari maraknya pergaulan bebas generasi muda, penyalahgunaan narkotika, berbagai kasus korupsi serta tindak kriminal lainnya. “Sepanjang hidup, sudah berpuluh kali kita merayakan Idul Adha atau Hari Raya Qurban. Namun pertanyaannya, sudah sejaum mana kita menanam, memupuk dan memelihara serta mengekalkan nilai-nilai dan hikmah qurban itu dalam kehidupan sehari-hari,’’ujarnya.

Betapa seringnya di lihat di tengah masyarakat, Hari Raya Qurban diperingati dengan penuh gegap gempita. Hewan qurban disembelih, daging qurban dibagikan, takbir dan tahlil digaungkan memenuhi angkasa raya. Namun sayangnya jiwa dan semangat berkorban justru semakin jauh dalam masyarakat. “Seringkali kita baru sekedar berkorban, akan tetapi belum lagi memetik hikmah yang ada di dalam ibadah itu,’’sebutnya.

Berita Terkait