post image

Verifikasi Renja Perubahan, Satu Petugas Tangani Satu SKPD

Kamparkab - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar sudah mengagendakan akan melakukan verifikasi  penyusunan rencana kerja (renja) Satuan Kerja  Perangkat Daerah (SKPD) Perubahan di lingkungan  Pemerintah Kabupaten Kampar.  Untuk melakukan verifikasi ini, Bappeda sudah menyiapkan satu orang petugas  untuk menangani satu  SKPD.

Demikian salah satu kesimpulan  rapat persiapan  verifikasi penyusunan renja  SKPD  Perubahan  Tahun 2016 yang di gelar di aula Bappeda Kabupaten Kampar, Jumat (29/7/16). Rapat tersebut dipimpin Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, MSi dan dihadiri sleuruh pejabat eselon III dan IV dilingkungan Bappeda Kabupaten Kampar.

Disampaikan  Azwan bahwa  untuk efektifnya  pelaksanaan  verifikasi penyusunan renja SKPD Perubahan ini, maka ditugaskan satu orang pegawai  untuk menangani satu SKPD.  “Satu orang yang ditugasi ini menangani hingga tuntas,” ujarnya.

Pada kesempatan  Kepala Bidang penelitian, Iptek dan Kerjasam Pembangunan M. Fadli Mukhtar, S.Pi, M.Sc menyampai tentang persiapan verifikasi penyusunan renja SKPD perubahan tahun 2016 ini.  Perubahan  RKPD tahun 2016 dan perubahan Renja SKPD  Tahun 2016 dapat dilakukan  apabila berdasarkan  hasil evaluasi pelaksanaannya dalam tahun berjalan menunjukkan  adanya ketidak sesuaian dengan perkembangan keadaan.

Ketidak sesuaian itu meliputi antara lain,  Perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kerangka ekonomi daerah dan kerangka pendanaan, prioritas dan sasaran pembangunan, rencana program dan kegiatan prioritas daerah. Keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun anggaran sebelumnya harus digunakan untuk tahun berjalan; dan/atau Keadaan darurat dan keadaan luar biasa sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Kemudian pergeseran pagu kegiatan antar SKPD, penghapusan kegiatan, penambahan kegiatan baru/kegiatan alternatif, penambahan atau pengurangan target kinerja dan pagu kegiatan, serta perubahan lokasi dan kelompok sasaran kegiatan.

Adanya  perubahan renja SKPD ini juga sesuai dengan Permendagri Nomor 23 Tahun 2013 dan Permendagri Nonmor 27 Tahun 2014 Serta Surat Edaran Bupati Kampar Nomor . 050/Bappeda-KSP/2016/131 Tentang Pedoman Penyusunan Perubahan  RKPD  Tahun 2016 dan Perubahan Renja SKPD Tahun 2016.

Perubahan RKPD  dan Perubahan  Renja SKPD  disusun  dengan  tahapan,  Penyusunan Rancangan Perubahan RKPD dan Perubahan Renja SKPD, Perumusan Rancangan Akhir Perubahan RKPD, Penetapan Perubahan RKPD, Perumusan Rancangan Akhir Perubahan Renja SKPD dan Penetapan Perubahan Renja SKPD.

Terkait dengan perubahan renja SKPD ini,  Bappeda Kabupaten Kampar  melaksanakan sosialisasi  penyusunan perubahan renja SKPD Kabupaten Kampar  Tahun 2016, Senin, 1 Agustus 2016 pukul 09:00 Wib  di aula Bappeda Kabupaten Kampar.  Bappeda juga sudah menyuusun jadwal verifikasi perubahan renja SKPD Tahun 2016  yang dijadwalkan selama  tiga hari, 2-4 Agustus 2016. (kamparkab-019)

Berita Terkait