post image

Kadis PU ; Proporsi Jalan Kondisi Baik di Kampar Naik Menjadi 75%

Kamparkab - Kondisi jalan di Kabupaten Kampar dalam kondisi baik naik sebesar 200.28 km dari 1.335, 20 km tahun 2011 menjadi 1.535.48 km pada tahun 2016,  dengan demikian proporsi panjang jalan dalam kondisi baik terus meningkat naik dari 63,95 % tahun 2011 menjadi 75 % tahun 2016.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Pekerjan Umum Bina Marga dan Pengairan (PU BM dan P) Indra Pomi N, ST,M.Si dalam laporannya pada acara Topping Off Ceremony Jembatan Waterfron city Bangkinang kamis (8/12).

Indra menjelaskan bahwa pada tahun 2015 yang lalu, disamping kegiatan kegitan reguler, Pemda Kampar melalui Dinas PU BM dan Pengairan baru saja menyelesaikan 7 paket jalan multiyear. Dimana beberapa jalan multiyear tersebut antara laun pembangunan jalan Danau Bingkuang – Empang Poteh Teratak Buluh sepanjang 32 km, Pembangunan jalan Kebun Durian – Gunung Sahilan dan Gunung Sari sepanjang 28.75 km, pembangunan jalan Pasar Minggu – Boncah Kolubi dan Kota Batak sepanjang 18.00 km.

Selanjutnya pembangunan jalan Simpang Petai – Sari Galuh sepanjang  21.30 km, pembangunan jalan Simpang membot (desa kota bangun)–Desa Kijang Makmur sepanjang 25  km, pembangunan jalan Simpang Robert- Sumber Makmur–Kijang Rejo-Indra Sakti – pelambayan , dan jalan Simpang Seruling - Trimanunggal 28.04 km. pembangunan jalan Sumber Sari-Danau Lancang sepenjang  24.26 km .

Kemudian Multiyer yang terakhir adalah paket pembangunan jembatan Water Frontcity Bangkinang, yang saat ini kita lakukan Topping Off Cerimony nya. Dengan dinamakan WTC karena jembatan tersebut kebetulan berada di kawasan waterfroncity Bangkiang.

Dimana jembatan ini  di desain oleh DR. IR josia Irwan Ristandi dengan spesifikasi struktur jembetan pelengkung baja dengan  bentang 200 m yang terbagi dalam 3 segmen yaitu 50- 100- dan 50 m serta struktur bawah jembatan dengan pondasi borfile 100 cm, pondasi filecab dan fier abutment, struktur oprit jembatan dengan dinding modular .

Kemudian struktur atas rangka baja box pelengkung, kabel hanger buatan maccalloy united kingdom, dan lantai jembatan riggit dengan permukaan acwac. Jembatan megah tersebut dibangun dengan APBD Kabupaten Kampar. (kamparkab 12) 

Berita Terkait