post image

Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Kampar

Kamparkab.go.ig-Kampa,Kabupaten Kampar merupakan daerah yang dikenal kaya dengan budaya tradisional yang diwarisi secara turun temurun. Kebudayaan yang sudah mengalir dari generasi tempo dulu ke generasi sekarang hendaknya dilestarikan agar bisa diwariskan kepada generasi mendatang.

            Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM dalam rangkaian kunjungan dan safari Ramadhannya ke Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar, Selasa malam (13/6). Bupati datang bersama para Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Kampar.

Kedatangan Bupati disambut dengan pagelaran musik Calempong Oguong yang merupakan kesenian tradisional khas Kabupaten Kampar. Musik tradisional tersebut dimainkan oleh masyarakat Desa Pulau Birandang, yang diiringi dengan yel-yel “Lah Pulang Datuok Awak”, yang menandakan kegembiraan masyarakat setempat menyambut kedatangan Bupati Kampar dan rombongan.

Bupati mengatakan bahwa musik tradisional Calempong Oguong merupakan salah satu kekayaan khasanah budaya Kampar yang harus dilestarikan. “Oleh karena itu, mari kita lestarikan kebudayaan Kampar agar  dapat kita wariskan pula untuk generasi  penerus mendatang,’’ungkap Bupati yang pada kesempatan tersebut juga menyanggupi untuk membantu kelengkapan peralatan musik tradisional bagi Desa Pulau Birandang tersebut.

Di samping mengajak masyarakat untuk melestarikan kebudayaan Kampar, pada kesempatan tersebut, Bupati juga memotivasi para generasi muda untuk giat belajar, rajin sekolah dan jangan ada yang terlibat narkoba. “Saya mengharapkan anak-anak jangan lupa sekolah, jangan terlibat narkoba,’’ucapnya.

Sementara itu, terkait kegiatan safari Ramadhan, sebagaimana kegiatan di desa-desa lainnya, Bupati juga menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada masyarakat, dan memperkenalkan para Kepala OPD serta rombongan kepada masyarakat. Bupati juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kekompakan dan mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kampar.(atn)

Berita Terkait