post image

Program RTMPE Mencetak Orang Kaya Baru

Kamparkab- Setelah melakukan kunjungan di beberapa desa di Kecamatan Siak Hulu beberapa hari yang lalu, Bupati Kampar H Jefry Noer SH melanjutkan peninjauan ke sejumlah desa di Kecamatan Kampar Utara. Perjalanan atau blusukan yang dilakukan oleh Jefry itu dalam rangka persiapan 2000 lokasi Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE).

Perjalanan Jefry ke Kampar Utara pada Selasa (23/6) disambut hangat oleh masyarakat  di Kecamatan Kampar Utara. Turut hadir bersamanya para Kepala Dinas/Instansi terkait dengan program RTMPE.  Tampak juga hadir salah satu warga yang mendapat program RTMPE yaitu Anasril.

“Program RTMPE yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar diyakni akan mencetak orang kaya baru,’’ungkap Jefry Noer SH ketika mengunjungi warga yang mendapat program RTMPE di beberapa desa di Kampar Utara.

Jefry Noer menyampaikan tentang program RTMPE, tujuan dan manfaatnya, karena sejauh ini masih banyak para masyarakat termasuk alumni P4S yang belum paham. Dipaparkannya, syarat mutlak peserta RTMPE wajib memiliki lahan ideal 1000 meter persegi,  dilahan 1000 meter, tersedia kandang sapi seluas 6x6m diisi dengan sapi sebanyak 6 ekor. Enam ekor apabila diperlihara selama 3 tahun akan menghasilkan anak 18 ekor dengan harga jual Rp 8 juta per ekor maka total hasil Rp 144 juta.

Selain itu, untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat di RTMPE sudah menghasilkan di atas Rp 10 juta. Karena dalam peliharaan sapi akan utamanya untuk kebutuhan sehari-hari adalah hasil dari urin dan kotoran sisanya, dari 6 ekor sapi urin akan menghasilkan lebih kurang 1000 liter/bulan. Urin tersebut selama 8 hari diurai untuk membuang racun dan bakteri urin tersebut dimasukan dalam drum campur dengan kunyit, jahe, tamu lawak, serta mulase yang telah ditanam di RTMPE.

Selama satu bulan kemungkinan menghasilkan urin 500 liter saja dengan harga jual dengan harga jual 1 liter Rp 15 ribu sudah menghasilkan Rp 7,5 juta. Di samping itu di buat biogas kotoran sapi yang enam ekor juga akan menghasilkan 1 smpai 1,5 ton per bulan, bila menghasilkan satu ton per bulan dengan harga jual Rp 1000 akan menghasilkan Rp1 juta. Kemudian, pupuk cair dalam sebulan akan menghasilkan 150 liter, dikali dengan harga Rp 10 ribu juga sudah menghasilkan Rp 1,5 juta.

Di RTMPE juga terdapat ayam petelor sebanyak 100 ekor, dimana dalam satu hari ayam tersebut bisa menghasilkan 60 sampai 70 butir telor. Nah dengan demikian penghasilan Rp 10 juta per bulan.

Usai kunjungannya Jefry Noer dan rombongan langsung meninjau beberapa titik yang akan djadkan RTMPE desa-desa lainnya di Kecamatan Kampar Utara. Falam peninjauan tersebut Jefry langsung meminta kepada peserta yang mengelola RTMPE untuk segera membangunnya sesuai dengan petunjuk yang sudah diarahkan (humas/ Andi Karman)

Berita Terkait