post image
Halal Bi Halal Di Kecamatan Koto Kampar Hulu

PKK Punya Peranan Yang Penting Mensukseskan 5 Pilar Pembangunan

Kamparkab – Untuk mensukseskan program dari Pemerintah Kabupaten kampar tentunya harus didukung oleh semua pihak, tidak terkecuali Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten kampar juga memeiliki peranan yang sangat penting, Karena secara langsung dan tidak langsung Peran PKK juga telah ikut mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Lima pilar Pembangunan Kabupaten Kampar, karena PKK bekerja dari mulai tingkat keluarga hingga tingkat yang paling tinggi daerahnya.

Hal itu disampaikan Ketua TP-PKK kabupaten Kampar yang diwakili bendahara TP-PKK kabupaten Kampar Sri Widiati pada saat memberikan sambutan ada acara halal bi halal masyarakat se Kecamatan Koto Kampar Hulu di Balai Adat Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu, Rabu (3/8).

Tampak hadir juga Camat Koto Kampar Hulu Ni’am Saleh, Ketua PK Kecamatan Koto Kampar Hulu Sariban, Kepala Desa se Kecamatan Koto kampar Hulu beserta pengurus TP-PKK Kabupaten Kampar.

Sri mengatakan keberadaan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) yang terbentuk dari tingkat pusat hingga ke kampung adalah perpanjangan tangan pemerintah dalam memberdayakan keluarga sejahtera. Sehingga dalam menjalankan programnya, PKK selalu bersinergi dengan program yang dilaksanakan pemerintah.

Dijelaskannya, bahwa PKK Kabupaten Kampar saat ini bukan lagi dikenal dengan stigma PKK sebagai wadah ibu-ibu kurang kerjaan,‎ tetapi PKK Kabupaten kampar saat ini mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat Desa berkarya untuk masyarakat. Maka TP-PKK saat ini merupakan perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk mensukseskan program lima pilar pembangunan Kabupaten Kampar.

Makanya Eva Yuliana,selaku Ketua TP-PKK Kampar terus mendorong Kader PKK untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan 10 program yang ada. Termasuk dalam program lima pilar yang dikerucutkan "3 Zero", bebas kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh.

“Untuk itu, jangan ada lagi kader PKK itu yang lebih terkhusus ketua PKK Desa yang tidak hafal lagi dengan Lima Pilar Pembangunan Kabupaten kampar, bagaimana kita mau mengajak dan mensosialisasikan masyarakat jika kita sendiri tidak hafal dan tidak tahu apa itu Lima Pilar Pembangunan,”katanya.

Ditambahkannya, saat ini TP-PKK Kabupaten Kampar selalu ikut ambil bagian untuk membantu mewujudkan "3 Zero" tersebut. Apapun jenis kegiatan dari PKK sekarang selalu mengacu kepada Lima Pilar Pembangunan Kabupaten Kampar, contohnya saja untuk mendukung peningkatan Akhlak dan Moral PKK selalu rutin melaksanakan wirid bulanan.

Setelah menghadiri acara halal bi halal di Kecamatan Koto Kampar Hulu, pengurus PKK Kabupaten Kampar beserta rombongan pada hari yang sama juga menghadiri acara halal bi halal yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat XIII Koto Kampar.

Dikesempatan itu, Sekretaris I PKK Kabupaten Kampar Topan Ramsilas yang bertindak mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Kampar. Dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa program kerja PKK yang ada di Kecamatan harus sejalan dengan TP PKK Kabupaten Kampar serta dapat diteruskan ke PKK yang ada di desa-desa sehingga kesuksesan PKK dapat tercapai bersama kader-kader yang ada di desa.

"Hendaknya apapun program yang kita buat harus mengacu ke Lima Pilar Pembangunan Kabupaten Kampar,"katanya.

Lebih lanjut, dirinya juga meminta buat seluruh kader-kader PKK yang ada di desa maupun di Kecamatan untuk selalu kompak dalam menyatukan visi dan misi program PKK dengan tujuan membantu program pembangunan pemerintah. 

"Butuh kerjasama, dan harus selalu berkoordinasi dengan PKK Kabupaten agar program kerja PKK tidak tersendat dan terus berjalan secara berkelanjutan,”pungkasnya. (KamparKab/07)

Berita Terkait