post image

Kuok Karnaval Bhinneka Tunggal Ika

Kamparkab  -  Perwakilan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) sampai jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan kejuruan sekecematan Kuok melaksanakan Karnaval Bhinneka Tunggal Ika dengan mengenakan pakaian adat dari 34 Provinsi di Indonesia yang dimulai sebelum detik-detik proklamasi untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-71

"Kegiatan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ini dilaksanakan untuk memperkenalkan adat dan budaya dari seluruh Indonesia dan menanamkan jiwa cinta tanah air dan cinta Indonesia," kata Abdul Rauf kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Kuok.

Kegiatan lain kata dia, pertandingan bola voli, bola kaki kain sarung, gerak jalan beregu dan mengikuti kegiatan-kegiatan di tingkat Kabupaten. 

"Alhamdulillah Kuok meraih juara tiga Lomba Basiacuong tingkat SMA dimenangkan SMAN 1 Kuok,  juara harapan 3 tingkat SMP dari SMP Muhammadyah Kuok,  dan Menulis Surat untuk Bupati meraih juara 3 dari SMPN 3 Kuok," terangnya.

Wakil Ketua Kwartir Ranting Kuok ini juga berharap, momen HUT RI ini dapat meningkatkan kesadaran berbangsa dan cinta tanah air.

"Saya sangat berharap seluruh elemen masyarakat dapat mengisi Kemerdekaan RI dengan baik. Dengan adanya karnaval ini dapat tumbuh rasa nasionalisme dan patriotisme dari generasi muda sebagai penerus bangsa agar dapat menanam rasa persatuan dan kesatuan dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Camat Kuok, H Thabrani.

"Rasa persatuan sudah mulai mengendur dan harus diperkuat lagi dengan pengetahuan tentang cinta tanah air,  salah satunya dengan mengenal adat dan budaya se nusantara," kata camat ini.

Disisi lain dia juga mengingatkan kepada generasi yang akan datang bisa terbebas dari penyakit masyarakat yaitu narkoba dan generasi muda memiliki akhlak dan moral yang baik sesuai pilar pertama pembangunan Kabupaten Kampar "Meningkatkan Akhlak dan Moral".(kamparkab 18)

Berita Terkait