post image

Makan Bajambau Tradisi Menyambut Puasa Warga Kuok

Kuok – Dalam  rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, setiap tahunnya masyarakat Kuok khususnya masyarakat Dusun II Pulau Belimbing Desa Kuok Kecamatan Kuok terus melakukan acara makan Bajambau. Tak terkecuali tradisi semenjak 21 tahun yang lalu tersebut juga masih dailakukan warga pulau belimbing sekaligus memberikan santunan kepada para anak yatim yang berada diwilayah Pulau Belimbing.

Dimana acara makan bajambau dan santunan anak yatim pada 1438 H  tersebut, dihadiri Pj Bupati Kampar yang diwakili oleh Camat Kuok Rahmad S.Sos  yang di pusatkan di Dusun II Desa Pulau Belimbing Desa Kuok Keamatan Kuok kamis (4/5).

Rahmad dalam sambutannya menyapaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kuok khusunya Pulau Belimbing yang telah melakukan acara tradisi ini dengan setiap tahunnya, sebab hal ini memiliki makna yang luar biasa.

Karena dalam acara ini terlihat mengutamakan kebersamaan, baik dalam memasak serta makan hidangan yang disediakan dalam talam atau dulang untuk disantap bersama. Hal ini jelas juga silaturahmi nuntuk saling memafkan merupakan guna guna utama.  

Kemudian disisi lain dalam hal penyantunan anak yatim jelas merupakan kepedulian dan tanggung jawab kita berama untuk menyantininya, Karena mereka juga butuh kasih sayang dan perhatian dari kita bersama.

Sementara itu Panitia pelaksa Akmal menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut memang dilaksanakan setiap tahunnya. Dimana selain makan bajambau dan santunan anak yatim, kegiatan Musabaqah Tilawatil qur’an (MTQ) tinkta Desa Kuok, lomba cerdas cermat juga telah dilaksanakan sebelumnnya.

Kemudian untuk acara puncak pada H-3 bulan puasa nantinya, masyarakat Pulau Belimbing juga akan melaksanankan acara lomba Pacu Sampan Melawan Arus selama tiga hari, dalam kegiatan ini dikuti para peserta se-Kabupaten Kampar. (dsikominfo/Mzk)        

Berita Terkait