post image

Kehadiran OJK, Pemkab Berharap Bisa Jujur

Kamparkab - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai badan pengawasan keuangan Indonesia, dalam menjalani kewenangannnya mengawasi lembaga keuangan bisa independen dan jujur.

 

“Kita berharap OJK nantinya bisa menjadi lembaga yang independen dalam menjalani kerjanya,”ungkap Asisten II Setda Kampar H Nukman Hakim SH didampingi Kabag Humas Pemkab Kampar Sabaruddin Ssos usai menghadiri acara Pertemuan Tahunan Pelaku Industri Jasa Keuangan 2015 oleh Otoritas Jasa Keungan di Ball Room Arya Duta Hotel Pekanbaru, Selasa (17/2).

 

Lebih lanjut Nukman mengatakan meski masih belum terlalu jelas tugas dan fungsi OJK, Kita berharap dari pertemuan tahunan pelaku industri ini akan menumbuhkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kampar, sebab OJK saat ini sudah menetapkan kantor di setiap Kabupaten/kota seluruh Indonesia. “ Dengan adanya OJK, kita berharap hendaknya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat, sebab di Kampar banyak sekali pelaku Industri mulai dari pelaku kelas bawah, menengah sampai industi kelas tinggi. Disamping itu dengan kehadiran OJK yang ada dikabupaten/kota nantinya untuk mampu menyerap tenaga kerja di khususnya di Kampar,’’ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Riau M Nurdin Subandi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk berdasarkan amanat UU nomor 1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro dan Undang-Undang nomor 21 tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan RI. Selain itu OJK ia menjelaskan bahwa pembentukkan OJK ini sebagai pengganti lembaga Badan Pengawas Pasar Modal yang sejak tahun 2012 lalu telah dihapus.

 

Otoritas Jasa Keuangan sebagai hal yang baru beroperasi di tahun 2013 memperkenalkan kelembagaannya kepada masyarakat tentang keberadaan jasa keuangan dan sebagai pengganti suatu lembaga yang telah dihapuskan yakni Badan Pengawas Pasar Modal. “Sistem laporan dan sistem keuangan berubah ke OJK dan ada urgensi melakukan sosialisasi ditahun 2013, 2014, dan di tahun 2015 supaya masyarakat lebih mengenal apa itu OJK. bahwa OJK bertugas melakukan pengawasan pasar modal dan industri, bursa efek, menager efek, serta perusahaan asuransi, multifinance, dan pegadaian.(humaskampar/mzk)

Berita Terkait