post image

Pemkab Gelar Upacara Pelepasan Jenazah dr Lukas

PEKANBARU-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melaksanakan upacara pelepasan jenazah dr Lukas Hermawan. Isak tangis keluarga, kerabat dan sahabat mengiringi pemberangkatan jenazah menuju lokasi kremasi.
 
Upacara pelepasan jenazah yang digelar secara kenegaraan dilaksanakan di Rumah Duka Panca Bakti Abadi Rumbai Pekanbaru, Sabtu pagi (17/6). Bertindak sebagai inspektur upacara Asisten II Setda Kampar H Nurbit SIP MH, sedangkan petugas upacara berasal dari Satpol PP Kabupaten Kampar.
 
Tampak hadir di rumah duka, Istri Alm dr Lukas yakni Drg Dewiwaty beserta putra sulungnya Luis dan putri bungsunya Levina serta orangtua almarhum dan adik kandungnya serta sejumlah kerabat lainnya. Ratusan rekan seprofesi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kampar dan pegawai Dinas Kesehatan (Diskes) Kampar serta sejumlah tokoh masyarakat Kampar juga hadir.
 
Rangkaian pelepasan jenazah diawali dengan kegiatan oleh pihak keluarga, dalam bentuk penghormatan terakhir dan juga kebaktian oleh pihak salah satu gereja di Pekanbaru. Setelah kegiatan internal keluarga selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan upacara pelepasan jenazah secara kenegaraan yang diawali dengan penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada negara yang diwakili oleh adik kandungnya yakni Eva Herawati Hermawan.
 
Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM melalui Asisten II Setda Kampar H Nurbit SIP MH dalam amanatnya menyampaikan bahwa dr Lukas merupakan salah satu pejabat eselon III di Kabupaten Kampar yang dikenal sangat disiplin dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap negara. Bahkan menjelang akhir hayatnya, dr Lukas masih sempat mengikuti apel pagi sebelum akhirnya dirawat di rumah sakit. “Meskipun antara kami dengan dr Lukas ini berbeda agama, akan tetapi hubungan dr Lukas dengan unsur Pemkab Kampar dan masyarakat sangat baik,’’ucapnya.
 
Nurbit juga memuji kinerja dr Lukas selama jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sangat pandai bergaul, memiliki hubungan emosional yang tinggi dengan para pasien dan masyarakat Kampar. Hal itu jugalah yang membuat almarhum mendapatkan sejumlah penghargaan dari Pemkab Kampar dan juga dari Pemerintah Pusat. “Kami memohon maaf bila ada kesalahan terhadap almarahum. Segala kesalahan yang mungkin almarhum pernah diperbuat oleh almarhum sudah kami maafkan,’’ujarnya.
 
Di akhir acara, jenazah diusung oleh tim Satpol PP Kabupaten Kampar menuju ke mobil jenazah. Terlihat istri, anak dan adik kandung almarhum dr Lukas menundukkan badan memberikan penghormatan kepada almarhum. Sedangkan kedua orang tua almarahum yang duduk di kursi roda tampak berusaha tegas menyaksikan anaknya dibawa menuju mobil jenazah.(Humas)
Berita Terkait