post image

PJ Bupati Hadiri Syukuran HUT Yonif 132 BS

Kamparkab - Dalam rangka Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Batalion Infanteri 132 Bima Sakti Salo, selain dihadiri oleh para petinggi TNI dari Korem maupun satuan lainnya, acara yang dipusatkan di Yonif 132 Bima Sakti Salo tersebut juga langsung dihadiri oleh PJ Bupati Kampar Syahrial Abdi,AP, M.Si di Lapangan Yonif 132 BS Salo Kecamatan Salo sabtu (21/1).

PJ Bupati Kampar yang berkesempatan memberikan sambutanya dalam arahannya menyampaikan sedikit sejarah singkat Yonif 132 BS yang perlu diketahui kita bersama. Dimana bahwa keberadaan Yonif 132 BS ditengah masyarakat serta bangsa Indonesia sangat besar mamfaatnya untuk menjaga NKRI.

Menyimak dari catatan sejarah, asal mula terbentuknya Yonif 132 BS sebagian besar berasal dari Batalion Tempur di Jabar yang karena Reorganisasi diangkatan perang maka dikembalikan kepada masyarakat  dan menjadi Corps Tjadangan Nasional. Dimana anggota CTN tersebut kemudian dibntuk menjadin “Detasemen Imam Bonjol” untuk melawan pemberontak PRRI.

Kemudian pada tanggal 22 Januari 1959 DIB dirobah menjadi “ Batalion Infanteri B’, berdasarkan surat keputusan Panglima Daerah Militer III/ 17 Agustus 1960 nama Batalion Infanteri B berubah menjadi  Batalion Infanteri 132  serta tanggal 11 maret 1964 berdasarkan surat keputusan Menteri/Panglima AD disahkan tunggul Batalion Infanteri 132 yaitu Bima Sakti maka namanya sampai sekarang Batalion Infanteri 132 Bima Sakti Salo yang saat dibawah Komando Korem 031 Wira Bima.   

Abdi menambahkan, bahwa kehadiran TNI dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat menjadi sangat penting, dimana tantangan yang kita hadapi bukan semata perang terbuka, tapi perang asimetris, persaingan ekonomi serta persaingan teknologi. Dengan hal tersebut, jati diri TNI sebagai tentara nasional dan tentara professional terus diperkuat.

Kita percaya bersama, apabila TNI terus berdiri bersama-sama rakyat dan menjadi tentara rakyat, maka Indonesia akan menjadi bangsa pemenang dalam kompetensi global. Selain itu kita tau juga bahwa TNI mempunyai semangat pantang menyerah dalam mempertahankan NKRI.\

Dengan demikian, Alhamdulillah keberadaan Yonif 132 BS ditengah masyarakat Kabupaten Kampartelah banyak  memberikan dampak positif dalam keghidupan masyarakat. Para prajurit dan persit terus membaur dengan masyarakat.

Sementara itu Komandan Batalion Infanteri 132 Bima Sakti Salo Lekol Inf Nurul Yakin dalam sambutannya berharap, semoga Yonif 132 BS mulai dari Danyon, Perwira, Tamtama, sampai Prajurit kedepan terus dalam lindungan Allah SWT.  Semoga juga kerjasama degan sesepu dan masyarakat terus terjalin

Untuk Yonif 132, Sampai saat ini allhamdulillah prestasi dengan diberikannya apresiasi oleh Panglima TNI kepada prajurit Yonif 132 yang terus sukses dalam setiap operasi diperbatasan, baik dari segi taktis maupun dari segi pelanggaran, selain itu prestasi dalam olahraga serta dalam hal Amunisi diwilayah kodam dan korem 031 WB prajurit Yonif 132 selalu diposisi atas.

Untuk itu, dengan mengingat catatan sejarah prestasi yang selama ini dan sampai sekarang yang diraih oleh para prajurit yonif 132, kedepan siapapun yang berada satuan ini untuk bisa menjadikan semua prestasi tersebut sebagai motipasi dan wajib dipertahankan, diperjuangakan serta ditingkatkan. Hal ini bisa kita lihat juga dari prestasi prajurit termuda Yonif 132 Pani Efredi Andriano Simajuntak yang baru saja meraih prestasi terbaik dalam Kejuaran Oven Karate Champion Shif  Se-Sumatra. "Terang Danyon".(Kamparkab/12)

Berita Terkait