post image
Polisi Malaysia: Terima Kasih Pak Jefry

Banyak Ilmu Dari Kampar Untuk Malaysia

Kamparkab - Setelah selama empat hari pejabat dan personil Kepolisian Diraja Malaysia berada dikawasan P4S Karya Nyata, Kubang Jaya, Siak Hulu, ucapan banyak terimah kasih yang terucap untuk Bupati Kampar Jefry Noer,SH atas sesuatu yang tidak ada di Negeri Malaysia.

Hal tersebut disampaikan oleh Madnor salah seorang Pejabat Kepolisian Diraja Malaysia dari 30 orang pada acara makan malam perpisahan di lokasi Kolam Renang Kubang Jaya Siak Hulu, Sabtu malam (2/5).

Lebih lanjut, kata Madnor bahwa setiap kepolisan yang berada di Malaysia mesti memiliki segala ilmu, baik ilmu dalam keolisian maupun ilmu dalam pertanaian. "Jadi sangat tepat sekali kami jauh dari negeri sebesang mencari ilmu di Lokasi P4S Kubang Jaya, sebab di sini tersedia ilamu pertanian, peternakan dan perikanan.

Bahkan, lanjut dia, seluruh anggota juga salut dan akan mencoba di Malaysia tentang Program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi yang yang dibuat Pemda Kamar dimana sebelumnya sudah lihat langsung.

"Ternyata dengan di atas lahan yang hanya seribu meter persegi masyarakat per keluarga dapat berpenghasilan Rp10 juta sebulan, bahkan jika serius dapat berpenghasilan lebih dari Rp25 juta," katanya.

Sebab, lanjut dia, dari biourine sapai yang enam ekor saja masyarakat akan mendapatkan hasil paling sedikit Rp6 juta jika dalam sebulan memproduksi 500 liter biourine. "Kalau di Jawa biourine harganya mencapai Rp25 ribu per liter, di sini Rp15 ribu saja per liter," kata Bupati Kampar Jefry Noer.

Selain dari urine sapi, lanjut dia, keluarga mandiri pangan dan energi juga mendapat penghasilan dari pupuk cair dan pupuk berat. Kemudian tari telur per bulannya sekitar Rp1 juta hingga Rp2,5 juta. Disampaing itu dilahan tersebut masyarakat juga dapat menanam cabai, bawang merah, jamur dan berbagai jenis sayuran lainnya untuk menutupi kebutuhan hari-hari dan lebihnya dapat dijual.

Madnor mengatakan, Program RTMPE merupakan program yang patut dicontoh karena sangat berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata. Dengan teknologi sederhana ini, kesejahteraan berada di depan mata.

Jefry mengucapkan terima kasih sudah memilih Lokasi P4S Kubang Jaya untuk kunjungannya, ini juga menjadi kebanggaan bagi pemda kampar. Sebeb, negara lain aja belajar di Kampar apalagi dengan mayarakat kita sendiri.

Lebih lanjut kata jefry, bahwa Program RTMPE ini dibuat adalah untuk menuju Kampar terbebas dari kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh, dimana RTMPE merupakan program terbaru Pemda Kampar dengan pemanfaatan lahan seluas seribu hingga 1.500 meter persegi untuk mencukupi berbagai kebutuhan masyarakat satu keluarga bahkan lebih.

"Semoga dengan kunjungan ini, akan menjadi motivasi bagi masyarakat kita sendiri serta bermafaat bagi negara tetangga Malaysia dan bisa diterakan di negara itu nantinya, karena program ini kita yakin pasti belum ada di Malaysia," katanya. (Humas Mzk)

Berita Terkait