post image

Bupati Minta Lahan Percontohan Mandiri Pangan Tuntas Maret

Kamparkab - Bupati Kabupaten Kampar Jefry Noer meminta satuan kerja perangkat daerah terkait untuk dapat menyelesaikan lahan percontohan Program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi tuntas pada Maret 2015. Saat ini upaya pembangunan masih terus dilakukan.

"Harus selesai tepat waktu, jangan sampai molor," kata Bupati Kampar Jefry Noer, Selasa (24/2).

Lahan yang dipersiapkan untuk kawasan percontohan itu ada seluas 1.000 meter persegi dan direncanakan untuk menambah lahan lagi seluas 1.500 meter persegi.
 
Jefry Noer menjelaskan pada lahan ini dibangun lokasi untuk pemeliharaan ayam petelor dengan hasil lebih kurang 50 butir telor per hari. Dari sapi yang dipelihara tersebut akan menghasilkan lebih kurang 40 liter urine yang mana harganya bisa mencapai Rp15 ribu per liternya, yang dapat digunakan untuk pupuk perkebunan berkualitas tinggi. Untuk kotoran padat juga demikian.
 
Apabila lahan ini juga diterapkan oleh masing-masing keluarga di Kabupaten Kampar, maka menurut dia akan mencapai "Tri Zero", yakni zero rumah kumuh, pengangguran dan zero kemiskinan.

Jefry Noer menjelaskan rumah tangga mandiri energi ini akan menjadikan masyarakat yang mandiri, apalagi jika ada di kecamatan dapat menjadikan pilot projek, ditambah lagi dengan desa. Sehingga kemandirian pangan energi betul-betul menjadikan rumah tangga yang mandiri dari kebutuhan pangan termasuk juga perikanannya. (Humas Kampar/AK)

Berita Terkait