post image
Jefry Noer ; Program RTMPE jadi Idola

Gelar Dialog Interaktive Program Kampung Radio LPP RRI Bersama Bupati Kampar

Kamparkab,- Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) dan program P4S Karya Nyata terus menjadi perrhatian yang terus menorehkan Prestasi dalam upaya memajukan Pertanian di Kabupaten Kampar secara Khusus dan Riau pada umumnya. Pada kali ini RTMPE dan P4S Karya Nyata dijadikan sebagai Kampung Radio LPP RRI Pekanbaru yang di siarkan langsung dari lokasi pada Senin, 21/9. Hal ini akan menjadikan kegiatan Pertanian di Kabupaten Kampar terutama kegiatan Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) dapat memberikan Nilai dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin kepada yang lebih baik.

Demikian salah satu poin yang disampaikan oleh Bupati Kampar H Jefry Noer saat moderator RRI Nurmala membuka sesi tanya jawab dalam dialog interaktife yang diawali dengan nyanyian kebanggan dan penyemangat peserta P4S Karya Nyata. Selanjutnya di katakan Bupati Kampar Jefry Noer dengan pola ini masyarakat tidak lagi perlu jauh-jauh pergi berusaha apalagi dengan resiko tinggi. "cukup berusaha di areal 1000 meter persegi saja yang ada di sekitar pekarangan rumah yang dapat menghasilkan 15 sampai 20 juta perbulan" Kata Jefry noer yang didampingi oleh Kepala Kepala LPP RRI Pekanbaru Sumarlina, dengan dan seluruh Kepala Bidang LPP RRI Pekanbaru serta Anggota DPRD Kampar Rahmat Jevary juniardo.

"Saya tidak sepakat dengan yang dikatakan bahwa terjadinya kemiskinan disebabkan oleh kemalasan masyarakat", tegas Jefry Bupati dalam dialog mengatakan bahwa kenapa kemiskinan banyak karena selama ini tidak terarah dan tidak ada arahan apa yang akan di perbuat oleh masyarakat.

Melihat kondisi seperti ini maka pada awal-awal pemkab kampar melakukan maping (pemetaan Masyarakat), seberapa banyak masyarakat Kampar itu yang miskin selanjutnya seberapa banyak yang menyukai bidang usaha baik pertanian, perikanan maupun pertanian. "Karena pada bidang-bidang inilah dominasi kegiatan ekonomi masyarakat" Kata Jefry Noer yang dihadiri juga oleh Direktur Bank Riau Kepri Restu Fajar yang juga sebagai Nara sumber tersebut.Setelah itu kita peroleh jumlah masyarakat yang miskin dan dilihat dari kehobian masyarakat maka di latihlah pada bidang pertanian, perikanan dan peternakan hingga saat ini.

Pada Tahun 2015 para tamatan P4S Karya Nyata kita tingkatkan dengan mengintegrasikan dengan pola RTMPE, dimana komoditas pertanian, perikanan dan perkebunan di buat dengan pola integritas pada lahan 1000 atau 1500 meter persegi.lanjut Jefry dengan panjang lebar. "Dengan program ini (RTMPE) kita berharap orang miskin jadi kaya dan Inshaa Allah masuk sorga" Kata Bupati Kampar yang diaplus oles seluruh perserta dialog interkative.

Dialog interkative juga mendapat perhatian serius dari pemirsa termasuk dari petani yang berasal dari luar Kabupaten Kampar dimana sangat tertarik dengan program yang dilakukan oleh Pemkab Kampar ini, sehingga bertanya langsung kepada Bupati Kampar bagaimana cara dapat pelatihan dan ilmu seperti ini.

Bupati Kampar langsung memberikan solusi memang pelatihan ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat kampar miskin saja, tapi jangan putus asa, Pemkab Kampar siap untuk memberikan ilmu dan pelatihan bagi daerah-daerah lain di luar Kampar" Kata jefry Noer. "Mari kita jadikan Masyarakat tangan diatas bukan lagi tangan dibawah, kita beri lubuk ikan maka berlomba-lombalah untuk mencari ikan sebanyak-banyaknya" Tambah jefry lagi.

Kedepan Kampar akan membebaskan sebanyak 1200 KK dengan pola integrasi, menanam bawang, ada sapi, ayam, sayuran, dengan pola ini Biasanya memelihara sapi anak adalah hasil utama. " Di RTMPE kita jadikan urin dan kotoran sebagai hasil utama dan anak adalah hasil tambahan" kata jefry saat diminta lebih jauh tentang RTMPE .

Sementara direktur Bank Riau Kepri restu Fajar menyampaikan bahwa , berterima kasih kepada Pemkab Kampar atas kepercayaan yang diberikan kepada Bank Riau Kepri, oleh Karena Bank Riau Kepri siap untuk bersama-sama dalam memajukan petani di Daerah Khususnya petani di Kabupaten Kampar. Ikut hadir bersama pada acara Kampung LPP RRI ini Kepala Dinas Terkait, Kepala Bagian, PPL dan peserta pelatihan P4S Karya Nyata dan Peserta jahit menjahit PKBM Bina Insan Mandiri. (humas kampar/Pdy)

Berita Terkait