post image

Managing Director Sawipac dan Investor Belgia Kunjungi Kubang Jaya

Kamparkab – Bupati Kampar H. Jefry Noer mengatakan banyak masyarakat yang sangat berharap nantinya pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang berada di Dusun Pematang Kulim Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur dapat memberikan perubahan pada ekonomi masyarakat di Kabupaten Kampar.

Hal itu dikatakannya pada saat menerima kunjungan  Managing Director Sawipac SDN.BHD Mr.Neo Teck Siong dan Investor dari Belgia Kurt Alfon di Kampung Wisata Tiga Dara Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Rabu (27/7).

Jefry menyampaikan, bahwa saat ini kabupaten Kampar memiliki kebun kelapa sawit terluas di Provinsi Riau, yakni hampir 700.000 hektar dengan 37 pabrik kelapa sawit.

Namun, kata dia, hingga kini belum ada industri hilir yang mengolah kelapa sawit menjadi minyak goreng dan berbagai produk turunan lainnya. "Selama ini produksi kelapa sawit hanya dijual dalam bentuk minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), sehingga tidak memberikan nilai lebih kepada masyarakat dan daerah penghasil. Maka Kampar berinovasi untuk mendapatkan lebih dari sekedar menghasilkan CPO," katanya.

Selama ini, lanjut dia, untuk minyak goreng saja, masyarakat Kampar harus membelinya dengan harga mahal, padahal kelapa sawit banyak di sini. Makanya Pemkab Kampar bekerja sama dengan investor Malaysia membangun pabrik olahan kelapa sawit di sini.

Dikatakannya, kehadiran PKS itu nantinya benar-benar bisa dirasakan manfaatnya. Apalagi sekarang harga-harga bahan dasar pokok seperti minyak goreng, sabun dan mentega harganya juga tidak menentu dan cenderung mahal.

“Mudah-mudahan saja harga minyak goreng, sabun dan mentega yang akan diproduksi nanti tidak saja harganya yang murah, namun hendaknya kualitasnya juga bagus,”katanya.

Sekedar untuk diketahui, PKS yang berada di Pulau Birandang itu nantinya akan menghasilkan hingga 45 produk turunan seperti minyak goreng, sabun, dan mentega.

Pembangunan PKS untuk produksi 45 turunan siap jual merupakan model pengembangan kelapa sawit terbaru yang memiliki keunggulan dan segudang manfaat. (KamparKab/07)

Berita Terkait