post image

Mereka Warga Malaysia, Namun Begitu Menghargai Budaya Indonesia

Kamparkab - Cik Kamal Bakhri Muhammad adalah warga Malaysia. jauh-jauh datang ke Kabupaten Kampar, Riau, untuk belajar tentang alam, budaya dan ragam program andalan yang dianggap potensial dalam membangkitkan ekonomi secara massal.

Cik Kamal Bakhri Muhammad mengatakan, semua pihak harus senantiasa berkomunikasi dengan Allah SWT, berkomunikasi dengan alam, berkomunikasi dengan makhluk Allah SWT lainnya.

"Budaya Bangsa Indonesia sangat baik, semangat untuk mengubah nasib adalah kunci menuju kemakmuran," katanya memberikan motivasi kepada para calon petani sukses binaan Pemda Kampar di kawasan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Kubang Jaya, Siak Hulu, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, memang semuanya kembali pada sang pencipta sebagai penentu kehidupan. "Namun perencanaan haruslan matang agar penentunya tidak bingung dalam memberikan kesempatan. Tentunya dengan semangat," kata dia.

Program Pemda Kampar dalam upaya memberantas kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh lewat Program Rumah Tangga Mandiri Pangan Energi (RTMPE) sangatlah tepat.

Lewat program tersebut, lanjut dia, masyarakat diajarkan tentang bagaimana bersahabat dengan alam, mengolah tanpa harus merusak, dan menjaga kehidupan hingga keduanya dapat saling menyatu.

"Program ini adalah tempat atau usaha menuju meninggalkan kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh. Dimana mereka dilatih selama 14 hari untuk mengenal dan mempelajari Program RTMPE setelah selesai mereka pulang dan mempratekkannya di desa masing-masing dengan bantuan modal dari pemerintah," katanya.

Pemda Kampar menerapkan RTMPE sebagai salah satu dari banyak program andala untuk mengatarkan masyarakat miskin menjadi kaya raya.

"Program ini mengantarkan masyarakat miskin menjadi kaya dan masuk surga, karena ada 5 syarat untuk menjadi sukses dan kaya, di antaranya beribadah 24 jam hanya kepada Allah SWT, rajin berinfaq, selanjutnya mencintai pekerjaan, disiplin dalam pekerjaan dan yang terakhir adalah hilangkan hal yang mubazir," ungkap Jefry Noer.

Rencana, kesungguhan, semangat ini yang menurut Jefry adalah satu pintu kesuksesan.

Berita Terkait