post image
Penting Untuk Bangun Sistem Pemerintahan

Pelajar Terbaik asal Kampar Ingin Perbaiki Sistem Informasi Indonesia

Kamparkab - Agustinus Pratama pelajar SMA Darma Loka Pekanbaru yang menetap bersama orangtuanya di Pasir Putih, Kecamatan Siakhulu, Kabupaten Kampar berhasil menjadi juara utama Program Darmasiswa Chevron Riau (DCR) 2015 dan berkeinginan memperbaiki sistem informasi pemerintahan di negara ini.

"Sistem informasi dan komunikasi di zaman sekarang dan dimasa yang akan datang sangat penting untuk membangun sistem pemerintahan yang lebih baik," kata Agustinus kepada pers di Pekanbaru, Rabu (4/3).

Agustinus dan Ayu Andira S N siswi SMA Negeri 8 Pekanbaru sebelumnya dinobatkan sebagai Juara I DCR 2015 setelah melalui penjaringan ketat bersama ribuan pelajar lainnya di 12 kabupaten/kota di Riau.

Panitia penyelenggara memilih seratus orang penerima DCR dan membagi tingkatan pemenang menjadi empat kelompok. Juara I ada dua orang, Juara II sebanyak tiga orang dan peringkat tiga sebanyak lima orang.

Sementara itu 90 pelajar lainnya dinobatkan sebagai Juara IV yang juga berhak menerima beasiswa pendidikan untuk perguruan tinggi.

Seratus peraih DCR sebelumnya pada Selasa (3/3) dilantik di Mainhall Rumbai Country Club (RCC), Kompleks Chevron, Pekanbaru. Untuk pemenang terbaik Agustinus dan Ayu Andira berhak mendapatkan beasiswa sebesar Rp16 juta per tahun dan akan diberikan selama empat tahun ditambah perangkat belajar "notebook" serta bantuan wisuda sebesar Rp1 juta per orang.

Agustinus mengatakan, Program Darmasiswa Chevron Riau sangat baik dan membantu dirinya dalam meraih cita-cita. "Saya akan berjuangan untuk bisa berhasil menjadi sarjana untuk membangun daerah dan bangsa ini," katanya.

Dia berniat untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) mengambil jurusan teknik informatika dan bercita-cita menjadi ahli teknik informatika yang akan memperbaiki sistem komunikasi negara diera cagih teknologi.

"Sekarang sistem informasi di daerah atau di Indonesia sudah baik, naum akan bisa lebih baik lagi. Informasi sudah saatnya transparan, terbuka," katanya.

Sejak dimulai pada 2001, hingga saat ini penerima beasiswa dari Program DCR telah berjumlah 946 orang. Lebih dari 500 orang alumni DCR yang telah selesai Strata I saat ini berkarir di berbagai instansi pemerintah, perusahaan swasta baik nasional maupun multinasional, bahkan ada yang mengabdikan diri sebagai aktivis pendidikan.

Presiden Direktur PT Chevron Pasific Indonesia Albert Simanjuntak mengatakan sebelumnya pihaknya hanya memilih 50 putra dan putri terbaik Riau untuk mendapatkan beasiswa perguruan tinggi lewat Program DCR. Namun dalam dua tahun ini, penerimanya ditambah menjadi seratus orang. (humas)

Berita Terkait