post image

Sekwan Agar Gaungkan RTMPE

Kamparkab- Sekretaris Dewan (Sekwan) Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kampar beserta para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang lazim disebut Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekretariat Dewan (Setwan) diajak oleh Bupati Kampar H Jefry Noer untuk menggaungkan program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE).

Hal ini terbukti ketika rombongan Sekretariat Dewan Dan beberapa Satker seperti Kepala Dinas Kehutanan, dan Camat XIII Koto Kampar berkunjung dan melihat langsung RTMPE di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Jumat (24/7).

Dalam arahannya, Jefry Noer mengatakan bahwa program ini diperuntukkan untuk mengatasi masalah perekonomian di Kabupaten Kampar. Bagi pejabat di pemerintahan merupakan bentuk keikutsertaan dan kepedulian terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Kampar. "Dengan program RTMPE ini masyarakat pelakunya mampu menghasilkan 10 juta perbulan plus tabungan anak sapi 6 ekor pertahun,’’ungkapnya.

Jefry juga mengatakan bahwa program ini harus digaungkan, dan seluruh masyarakat harus "demam" RTMPE. Banyak kalangan yang menilai program ini adalah Program "gila", namun Jefry yakin bahwa program RTMPE merupakan salah satu jurus ampuh menzerokan kemiskinan. Dirinya mengakui peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Kampar sangat lamban, Jefry Noer juga mengatakan bahwa dengan program inilah salah satu menunjang perekonomian masyarakat.

"Program RTMPE adalah Program Rumah Tangga, hanya membutuhkan lahan 1000-1500 M, mereka mampu menghasilkan penghasilan yang melebihi kebutuhan dan hanya memerlukan "team Work" atau kerjasama antara anggota dirumah, ayah, ibu dan anak, bisa mengelolanya bersama-sama. 

Jefry Noer juga merinci dari mana dihasilkannya 10 juta perbulan, yakni lahan yang dibutuhkan hanya 1000 hingga 1500 M persegi saja, dilahan itu yang utama hasil yang menjanjikan adalah urine dan kotoran dari enam ekor sapi, dari kotoran dan urine sapi saja akan bisa lebih lebih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.(Humaskampar/Andi Karman)

Berita Terkait