post image

Dirjen PPMD RI Kunjungi Desa Aur Sati

Kamparkab - Dengan komitmen Kementrian Desa PDT dan Tranmigrasi untuk mewujudkan desa yang lebih maju melalui bantuan dana APBN yang terus meningkat setiap tahunnya, untuk itu Dirjen PPMD RI Prof DR Ahmad Erani Yustika dengan cepat langsung mengunjungi Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) yang menjadi Desa Aur Sati Kecamatan Tambang.

Dimana kunjungam tersebut dilakukan Dirjen PPMD RI Prof DR Ahmad Erani Yustika yang didampingi langsung oleh Bupati Kampar H Jefry Noer,SH pilot projet desa se Kab. Kampar di Desa Aur Sati Kecamatan Tambang selasa sore (17/5).

Dalam kunjungan tesebut Dirjen PPMD menjelaskan bahwa dana dari APBN tahun 2015 yang lalu setiap desa diberikan bantuan dana sebesar Rp 260 juta dengan tiga tahap, sementara untuk tahun 2016 ini naik 25% maka setiap desa akan mendapatkan dana skitar Rp 600 juta per desanya, sedangkan untuk tahun depan 2017 juga akan naik menjadi 1Milyar perdesanya.

Lebih lanjut ungkap Dirjen, bahwa dana desa boleh diberikan untuk masyarakat harus melalui Badan Usaha Milik Desa (bumdes), selain melalui Bumdes juga sebelumnya harus melalui musyawarah desa atas apa program yang akan dibuat. Kita sudah lihat bahwa di Kampar sudah jelas program yang diutamakan untuk masyarakatnya yakni program Rumah Tamgga Madiri Pangan dan Energi (RTMPE).

Makanya kunjungan Dirjen langsung menuju ke Desa Aur Sati yang memiliki program RTMPE terbaik yang bagus untuk masyarakat, sebab melalui dana desa yang dikucurkan dari APBN bisa dikelola melalui bumdes dan yang telah dibentuk melalui musyawarah desa.

Lebih jelas, terang Dirjen dimana dalam bumdes dana yang dikelolah bisa untuk mengolah industri barang dan jasa yang ada di desa, baik wisata, pelayanan sosial serta pelatihan dalam kemajuan perekonomian masyarakat termasuk RTMPE, karena Bumdes bukan semata-mata untuk mendapatkan laba, tetapi Bumdes harus tujuannya adalah mewujudkan kepentingan sosial untuk masyarakat.

Kita lihat Bupati Kampar memiliki otoritas mengembangun masyarakat, makanya ada berberapa program dalam hal tetaebut, makanya dengan pengetahuan tersebut dibuatnya suatu proram oleh beliau yang disebut program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) yang memiliki kelebihan yang luar biasa.

Untuk itu, kepada seluruh kepala desa jangan senang dulu mendapatkan dana besar dari pusat, akan tetapi pikirkan segera bagaimana program yang ada bisa dijalankan ditengah masyarakat dengan baik dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat melalui Bumdes yang telah dibentuk disetiap desa, untuk itu diperlukan juga setiap desa untuk melakukan musyawarah desa dalam menjalankan program-program pemerintah tersebut.

Sementara itu Bupati Kampar H Jefry Noer,SH menekankan langsung kepada para kepala desa agar dalam waktu 2 bulan harus sudah siap membentuk Bumdes, untuk sementara dana Bumdes tersebut bisa diperoleh melalui Bank Riau Kepri dan BPR Sarimadu. 

Akan tetapi sebelumnya setiap desa harus mesti mengerti dulu apa itu Bumdes, karena melalui bumdes semua kegiatan yang ada di Desa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan bisa dikelola melalui Bumdes.( kamparkab12).
 
Berita Terkait