post image

Hadiri Penobatan Ninik Mamak, Bupati Kampar ; Pedomani Tali Bapilin Tigo

Dalam membangun Kabupaten Kampar kedepan tidak bisa hanya dilakukan oleh seorang Bupati dan jajarannya saja, akan tetapi dipandang perlu kerjasama semua elemen dan kekompakan bak kata " tali bapilin Tigo, tigo tungku sajoangan".

Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar H Azis Zaenal,SH,MH pada acara Penobatan Datuok Majo Bosau Abdul Raup Kenegerian Terantang serta Ninik Mamak, Dubalang, Siompu Pasukuan Pitopang, Domo dan Piliang Kenegerian Terantang di Rumah Soko Datuok Bosau Dusun II Desa Parit Baru Kecamatan Tambang rabu siang,(24/5).

Lebih lanjut Azis menjelaskan, bahwa acara penobatan ninik mamak yang dihadirinya tersebut merupakan kegiatan pertama saat beliu menjabat sebagai Bupati Kampar, karena beliu menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Kampar baru lebih kurang tiga hari. Dalam arahannya, Azis menyampaikan bahwa Kampar saat ini kita lihat dan rasakan sebagian masyarakatnya belum begitu sejahtera. Untuk itu peran tiga elemen yang dimaksud tali bapilin tigo harus bisa terus kita jaga.

Makanya disamping itu, kedepan dalam roda pemerintahan menyangkut urusan agama kita serahkan kepada MUI, masalah adat istiadat kita serahkan kepada para ninik mamak serta dalam hal pembangunan, kesejahteraan dan pelayanan kita serahkan kepada kepala daerah melalui OPD dan DPRD Kampar.

Untuk menjalankan itu semua, Azis juga mengingatkan bahwa mulai saat ini kita lupakan masa lalu, kita mulai lembaran baru dengan bersatu padu antara Ninik Mamak, Ulama dan Pemerintah Daerah. Hal ini perlu juga kerendahan hati kita jangan sabong, jangan takabur, jagan tinggi hati serta bantu pemerintahan supaya roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Disamping itu Azis juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada dunsanak Tambang khususnya masyarakat Desa Parit Baru yang telah memilih dan memberi amanh kepada saya, untuk memimpin kampar lima tahun kedepan.

Semoga dengan persatuan ini Kampar akan lebih maju lagi nantinya. Sementara itu Datuok Bosau Azinar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa suatu kehormatan dan kebahagian bagi kami ninik mamak dan anak kemanakan kenegerian Terantang dalam acara prosesi penobatan ninik mamak ini dihadiri langaung oleh Bupati Kampar yang baru.

Datuok Bosau berharap kepada pemerintah Bupati baru agar kedepan para ninik untuk lebih diperhatikan, sebab para ninik mamak juga memiliki tugas yang berat dalam.memberikan pembinaan kepada anak kemanakan. Karena apabila para ninik mamak tidak bisa menjalankan amanah dengan baik, maka para anak kemanakan akan saling tidak akan sejalan.(Mzk)

Berita Terkait