post image

Kunjungan Kapolda Riau dilahan SPN, Pj. Bupati Kampar : Lahan SPN Ini Siap Untuk Dibangun

Kamparkab - Menyikapi permintaan lahan eks IPDN yang diperuntukkan bagi Sekolah Polisi Negara (SPN), melalui surat oleh Kapolda Riau, Pj. Bupati Kampar Syahrial Abdi AP, M.Si mengaku lahan SPN ini siap untuk dibangun, tinggal menunggu selesainya administrasi pendukung sertifikat tanah, lahan seluas 28,8 Hektar ini “Seluruh lahan telah dibebaskan, tinggal melengkapi syarat adminitrasi berupa sertifikat lahan saja.

Demikian dikatanya ketika mendampingi Kapolda Riau Zulkarnai dan Gubernur Riau Arsydjualiandi Rahman ketika mengunjungi lahan eks IPDN didesa Sungai Pinang Kecamatan Tambang, Jum’at (20/1).

Memang ada permintaan Lahan dari Menteri Dalam Negeri untuk Pembangunan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), oleh sebeb itu Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar segera menyikapi permintaan tersebut dengan menyediakan lahan di daerah Kecamatan Tambang, karena Kecamatan ini dinilai sangat strategis, hanya berjarak 20 Kilometer saja dari Kota Pekanbaru. Selain itu, daerah Kecamatan Tambang ini juga dikenal dengan daerah sentra pendidikan, adanya Universitas Islam Negeri dan pendidikan lainnya yang menambah beragamnnya pilihan Pendidikan di Kecamatan ini ujar Pj. Bupati.

Didampingi kapolres Kampar AKBP Edi Sumardi Priadinata, Pj Bupati Kampar menjelaskan, dengan berjalannya waktu dan belum adanya kesepakatan dengan Pemerintah pusat, maka Komplek IPDN ternyata dipindahkan di Kabupaten Rokan Hilir, dengan demikian menanggapi surat dari Kapolda maka Kapolda Riau Zulkarnain meminta lahan eks IPDN ini untuk pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN), Pemkab menilai bahwa rencana itu masih sejalan dengan pengembangan sentra pendidikan di Kabupaten Kampar khususnya Kecamatan Tambang.

Syahrial Abdi juga mengatakan bahwa kunjungan Kapolda Riau ini adalah meninjau untuk segera meminta langsung kepusat untuk dianggarkan di APBN, Kepolisian Republik Indonesia atau melalui APBD Provinsi Riau, sedangkan kontribusi dari Kabupaten Kampar adalah dengan menyediakan lahannya sekaligus menyelesaikan adminitarsi pendukungnya untuk disertifikatkan ucap Syahrial Abdi.

Untuk itu Syahrial Abdi meminta kepada jajaran yang terkait dipemkab Kampar untuk segera menindaklanjuti proses administrasinya, agar proses sertifikat lahan yang disediakan seluas 28,8 Ha segera terealisasikan, dan dirinya tetap mengedepankan proses admintrasi yang berlaku hingga tahap sertifikasi lahan SPN ini.

Direncanakan pada ABPN 2018 nanti realiasasi pembangunan empat lantai sekolah Polisi Negara ini dibangun, menunggu laporan Kapolda Riau kepada pihak POLRI, untuk itu pembangunan SPN ini hanya bisa dikerjakan pada tahun mendatang. (Kamparkab/08)

Berita Terkait