post image

Banyak Aspirasi Yang Belum Tertampung

Tapung Hulu (kamparkab.go.id) - Ternyata setelah mendengar langsung dari Kepala Desa se-Kecamatan Tapung Hulu, Nurahmi menyimpulkan masih banyak aspirasi belum tertampung, Asisten Administrasi Umum Setdakab Kampar Ir. Nurahmi yang bertindak sebagai amir untuk tim tiga pada Safari Dakwah Pembangunan menyampaikan, semua aspirasi pada malam ini akan diterima, esok bagda subuh akan ditindaklanjuti dengan meninjau lokasi yang telah disampaikan.(22-8).
Ir. Nurahmi menyampaikan Ada Jembatan yang terletak diantara dusun 2 kepanasan Desa Sinamanenek yang berbatasan dengan desa Tanah Datar. Jembatan ini sangat memprihatinkan, jembatan  ini satu-satunya jalan penghubung dari lima desa ke kantor Camat Tapung Hulu.


Melihat kondisi jembatan yang hanya menggunakan sebatang kayu balok yang dibagi dua, semua menggunakan jembatan ini, mulai dari aktivitas masyarakat hingga digunakan oleh anak sekolah yang ingin ke sekolah ataupun pulang sekolah, hal ini jika dibiarkan, bukan tidak mungkin suatu saat menimbulkan korban jiwa kata Nurahmi.


Bertempat di Mesjid Nurul Huda Desa Sumber Sari, tim tiga yang dipimpin Ir. Nurahmi, malam itu banyak menerima aspirasi dari berbagai desa, mulai dari infrastruktur jalan yang belum memadai sampai dengan masalah tenaga medis yang masih banyak dibutuhkan.


Seperti yang disampaikankan Kepala Desa Suka ramai  Kusno bahwa di desa kami sudah dibangun puskesmas rawat inap yang dibangun oleh PT. Cevron. Ada jalan 200 meter  menuju ke puskesmas sangat tidak memadai, banjir dan berlumpur, " bagaimana masyarakat yang ingin berobat, sementara jalan menuju puskesmas itu rusak bisa tidak bisa digunakan "ujarnya.
"kami mohon agar jalan agar masyarakat mudah menuju puskesmas diperbaiki, supaya masyarakat nyaman untuk pergi berobat"ucap Kusno.
 
Kusno menambahkan umum nya penduduk kami adalah pedagang, kami ingin dibangunkan pasar tempat beraktivitas jual beli. Nurhilal, Kabid perencanaan Bina marga menjawab aspirasi desa ini, bahwa pengajuan ini telah kami ajukan di musrembang, tetapi dibatalkan, karena keterbatasan dana, kami berjanji anggaran ditahun 2015 akan kami jadikan prioritas utama.


Lain aspirasi Desa Sumber Sari lain pula yang didambakan  Desa Tanah datar, melalui Kepala Desanya Farhan Nur menuturkan bahwa masyarakat Desa ini ingin proses sosialisasi pengakuan dari gubernur Riau yakni Percepatan sosialisasi tentang kembalinya 5 desa ke kampar, hal Ini pernah kita agendakan sewaktu safari ramadhan kemaren, tetapi sampai sekarang belum ada realisasinya.
Farhan nur menambahkan bahwa desa ini juga  juga kekurangan tenaga guru dan tenaga perawat serta bidan, puskesmas kami sangat kekurangan tenaga medis.


Hampir semua aspirasi desa di Kecamatan Tapung Hulu ini tidak jauh dari perbaikan dan peningkatan Infrastruktur jalan, seperti desa Sumber sari ini, kami telah mendapat kan 500 meter jalan, dan masyarakat desa ini juga mau Pemda Kampar menambah lagi 500 meter  lagi tambahnya.


Masyarakat Desa ini juga ingin jalan penghubung antar desa ke kantor Camat, diperbaiki sebab kata farhan Nur jalan itu tidak layak lagi. Puskesmas di Desa itu juga mengharapkan bantuan Satu mobil Ambulance, kami mengharapkan kan bantuan mobil itu ujarnya.
Kepala Desa Rimba jaya Tetty Supriantin ketika diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya, bahwa Banyak desa yang belum layak infrastruktur nya, desa ini menginginkan ada jalan penghubung antara desa Rimba Makmur menuju ibu kota Kabupaten yang dirasa tidak  layak untuk dilewati keluhnya.


Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat miskin, sejak tahun 2010 kami tidak pernah kebagian Raskin, padahal masyarakat sangat membutuhkannya ujar Kepala Desa wanita ini.


Ada hal yang paling penting kata tety supriantin, Masalah KTP dan Akte, selama ini kami punya dualisme KTP, ada yang ber KTP Rohul dan ada yang ber KTP kampar paparnya
Ir. Nurahmi menjelaskan bahwa Manfaat dari safari dakwah pembangunan ini adalah menurunkan sifat sombong dari kita dan menyerap aspirasi hingga kepelosok desa.


Menanggapi semua aspirasi itu, Nurahmi lantas memerintahkan kepada Dinas P dan K, Dinas bina marga, dinas disdukcapil, dinas kesehatan, serta dinas yang terkait dari penampungan aspirasi ini, supaya, segera turun ke lapangan untuk melihat secara langsung dan mencari solusi untuk kemudian diambil langkah untuk menyelesaikannya ujar Nurahmi.
Apa saja  kebutuhan masyarakat, dan kita berkesempatan mendiskusikan untuk mencari jalan keluar terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat itu sendiri kata Nurahmi. (humas Kampar)

Berita Terkait