post image

Balai Adat Desa Taping Diresmikan , Sekda : Gunakan Sesuai Fungsinya

Kamparkab- Bupati Kampar H Jefry Noer SH melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Zulfan Hamid mengharapkan agar Balai Adat yang ada di Desa Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu dimanfaatkan sesuai fungsinya.

Jan sampai lapuak dek hujan, lokang dek pane pulo,”katanya pada saat memberikan pengarahan pada saat peresmian Balai Adat Desa Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu, Jum’at (11/3).

Zulfan berharap, peresmian Balai Adat hendaknya jangan sekedar seremonial, setelah selesai acara seremonial, tidak dimanfaatkan lagi tempatnya. Gunakanlah balai adat ini sesuai fungsi dan perannya.

Banyak hal yang bisa dilakukan nantinya di balai adat ini, contoh kecilnya saja untuk membicarakan masalah-masalah adat, masalah-masalah Desa dan masih banyak lagi fungsi lainnya. “Susunlah rencana kegiatan untuk menggunakan balai adat ini, kalau dijawa sana balai adat seperti ini sangat tinggi nilainya, apalagi kita yang dari dulu tidak terlepas dari adat dan istiadat,”ucapnya.

Sementara itu Datuok Bosou (Datuk Besar) sekaligus pucuak adat Desa Tabing Datuak Lazim mengatakan bahwa pihaknya selaku ninik mamak,dan pemuka masyarakat di Desa Tabing sangat berbangga hati karena sudah berdirinya Balai Adat tersebut. “InsyaAllah Balai Adat ini akan kami gunakan sebagaimana mestinya,’’ucapnya

Berita Terkait