post image
Wisata Edukasi Peserta OSN Tingkat Nasional Ke Kampar

Catur Sugeng kenalkan Potensi Kampar.

XIII Koto Kampar,Wakil Bupati Kampar Catur Susanto menerima rombongan Wisata Edukasi dari OSN (Olimpiade Saint Nasional) tingkat Nasional yang diadakan di Provinsi Riau. Rombongan peserta OSN tersebut melakukan wisata edukasi dibeberapa objek wisata yang ada dikabupaten Kampar, diantaranya Unit Pelayanan terpadu Dinas Perikananan Kabupaten. Selama di UPTD tersebut rombongan OSN juga menyaksikan lansgung cara pengolahan Ikan patin seperti Salai Patin, nuget patin, abon Patin, Bakso patin hingga pengemasannya. (6/7).

Catur Sugeng Susanto yang didampingi Kepala Dinas pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Syamsul Bahri menambahkan bahwa Wisata Edukasi ini selain bermanfaat bagi peserta OSN, dengan adanya kunjungan ini, objek wisata serta kuliner Kabupaten Kampar semakin dikenal, karena peserta berasal dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

Catur Sugeng Susanto menyatakan, Pemerintah Provinsi Riau saat ini sangat memberi perhatian kepada Kampar, termasuk Desa Tanjung. Hal ini dikarenakan banyaknya objek wisata yang ada di daerah ini. Diantaranya, Air Terjun Batang Kopu, Air Terjun Panisan, Candi Muara Takus. Kemudian, Kampar juga dianugerahi alam berbukit yang cocok untuk pengembangan pariwisata yang ke depan diharapkan akan dapat menjadi urat nadi perekonomian Riau.

Ada pun bentuk perhatian lainnya yang diberikan Pemprov Riau kepada Kampar, dibangunnya infrastruktur seperti jalan untuk mendukung destinasi wisata Muara Takus yang sudah terkenal. Dirinya juga berharap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan lebih giat untuk mempromosikan objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Kampar, Karena dengan semakin dikenalnya objek wisata mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat disekitar objek wisata itu berada ujar Catur. Sementara itu Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Syamsul Bahri dalam sambutannya menyampaikan Candi Muara Takus adalah salah satu tempat wisata populer di Kampar, Riau. Candi ini adalah satu satunya candi yang ada di Provinsi Riau. Ramai dikunjungi pada hari hari libur, terutama saat libur panjang sekolah.

Syamsul Bahri mengatakan dihadapan 700 peserta OSN bahwa Candi Muara Takus Terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar atau jaraknya kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru. Jarak antara kompleks candi ini dengan pusat Desa Muara Takus sekira 2,5 kilometer dan tak jauh dari pinggir Sungai Kampar Kanan. Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggir Sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat pula bangunan candi Tua, Sandi Bungsu dan Mahligai Stupa serta Palangka(AK)

Berita Terkait