post image

Masyarakat Desa Balung Sambut Gembira Program Pemda Kampar

XIII Koto Kampar, Kedatangan rombongan Dinas Sosial, BPBD Kabupaten kampar, Dinas Pertanian Kabupaten Kampar serta Komunitas Peduli Bangsa (KPB) di sambut dengan gembira oleh masyarakat Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar. 7/5/17

Hal tersebut dikarenakan program yang diberikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Komunitas tersebut akan membuka jalan menuju peningkatan ekonomi Masyarakat di Desa tersebut.

Dari berbagai agenda ada satu yang membangkitkan semangat para masyarakat sehingga nantinya mereka mampu sejahtera yakni penanaman jagung hibrida di lahan 5 hektar dan 1 unit handstractor bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Kampar.

“Ini langkah awal bagi masyarakat desa Balung untuk bangkit menjadi sejahtera, sebab ketika 5 hektare ini berhasil kita tanam maka akan  kita lanjutkan menjadi 5000 hektare dan lahannya sudah ada yang nantinya hasilnya bisa dirasakan langsung masyarakat sebab ketika desa sudah swasembada maka tidak ada lagi kemiskinan di desa tersebut. “tutur Kadis Sosial Kabupaten Kampar Ir Dahlan mewakili Pj Bupati Kampar saat melakukan penanaman jagung secara simbolis bersama Danramil 12/0313 KPR Kapten Inf Asril Samid beserta anggota, perwakilan Camat XIII Koto Kampar Ahmad Danil, Kades Balung, Ketua KPB Afrida Yeni beserta rombongan serta masyarakat desa.

Dahlan juga bangga akan semangat masyarakat untuk bangkit menuju desa sejahtera dan ini merupakan langkah awal kita sehingga masyarakat dapat meningkatkan ekonominya dan kedepan dapat berubah menjadi desa percontohan yang mampu bangkit dari keterpurukan.

“selain itu juga kita tadi telah membagikan beberapa 40 paket sembako dan 40 seragam sekolah SD dan SMP untuk anak-anak dan masyarakat tidak mampu, serta pelatihan rias pengantin dari KPB untuk ibu-ibu produktif di desa dan ini artinya kita peduli, kita memperhatikan dan kita ingin masyarakat di Desa Balung ini dapat meningkatkan taraf hidup lebih baik lagi, dan kedepannya kita telah merencanakan pembangunan 5 rumah rehab huni bagi masyarakat miskin“ujarDahlan 

Kades Balung Muhammad Ujud membenarkan tentang lahan 5000 hektare lebih yang telah siap di olah menjadi untuk dijadikan lahan pertanian.

“Kita akan membuat kelompok tani yang nantinya setiap KK tersebut akan kita bagikan sebanyak 2 hektare lahan untuk di olah menjadi lahan pertanian jagung dan masyarakat sangat yakin jika ini betul-betul terlaksana akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat”ucap Ujud.

Untuk itu Ujud juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kampar beserta OPD yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat di Desa Balung ini. 

Begitu juga dengan KPB yang telah membuka jalan, membuka mata dan selalu memberikan motivasi, semangat bagi masyarakat desa Balung semoga terus memperjuangkan masyarakat yang ada di daerah terisolir.

Ketua KPB Afrida Yeni mengucapkan terima kasih kepada masyarakat desa Balung yang telah menyambut dengan baik, ramah dan mempunyai semangat yang cukup tinggi untuk merubah desa ke yang lebih baik. Semoga apa yang dilaksanakan KPB selama 2 hari disini bermanfaat bagi masyarakat.(AP)

Berita Terkait