post image

Pemda Kampar Beri Bantuan Di Desa Balung

XIII Koto Kampar - Pemerintah Daerah (pemda) Kabupaten Kampar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar, Dinas Sosial Kabupaten Kampar Komunitas Peduli Bangsa (KPB) kembali beri bantuan di daerah desa terisolir di Kabupaten Kampar.

Mewakili Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi AP M.Si, kepala Dinas Sosial Kabupaten Kampar Ir Dahlan mengatakan ini merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kampar kepada masyarakat khususnya desa Balung dan mengajak masyarakat untuk terus bangkit dari keterpurukan, berdayakan masyarakat, serta menggali potensi yang ada di desa. 7/5/17

“Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Peduli Bangsa yang telah berbuat dan membantu masyarakat di Kabupaten Kampar terutama daerah-daerah terisolir khususnya Desa Balung ini, dimana mereka langsung terjun kelapangan guna mendata apa yang masyarakat butuhkan”ujar Dahlan

Dijelaskannya dari data itu yang dilaporkan KPB tersebut kita survei kembali untuk memastikan kebutuhan masyarakat yang akan kita berikan bantuan. 

“Setelah pasti kita laporkan kepada Pj Bupati Kampar agar kegiatan penyerahan bantuan dapat kita laksanakan, dan Alhamduillah Pj Bupati Kampar langsung merespon positif” tutur Dahlan 

Kadis BPBD Kabupaten Kampar Santoso yang diwakili oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Kampar Muhammad Nasir SE menjelaskan bahwa sejak awal kita sudah mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh KPB ini karena ini merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang membantu masyarakat miskin di daerah terisolir. 

“kegiatan ini sangatlah membantu pemerintah dalam artian Pemerintah dapat membantu masyarakat di daerah terisolir dan mengetahui secara langsung di lapangan apa kebutuhan masyarakat, ini harus kita dukungan” ujar Nasir

Nasir melanjutkan, apalagi kegiatan ini tidak melibatkan satu stakholder saja, namun ada Dinas Sosial, Dinas Pertanian, dan BPBD sendiri. 

Ketua KPB Afrida Yani dalam penjelasannya mengatakan Pemilihan Desa kali ini adalah Desa Balung yang terletak Kecamatan XIII Koto Kampar dikarenakan informasi dari masyarakat kepada KPB yang mengatakan bahwa di desa tersebut sangat membutuhkan bantuan baik itu infrastruktur, pendidikan, pertanian maupun pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dari hasil informasi dari masyarakat tersebut maka KPB melakukan survei lapangan untuk melihat langsung kondisi masyarakat di Desa Balung. 

“Kita lakukan pendataan, kita kumpul kan masyarakat di kantor desa guna menghimpun aspirasi masyarakat di sana, setelah itu kita lakukan survei lapangan”.Ujar ketua KPB Afrida Yani

Kemudian data tersebut kita buat laporan untuk segera ditindak lanjuti dan diberikan bantuan. Setelah di setujui maka kita turun bersama OPD terkait.

 “Alhamdulillah, Pj Bupati Kampar pak Syahrial Abdi merespon dan melalui BPBD dan Dinas Sosial kita turun bersama untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di Desa Balung ini”.Lanjutnya. 

Selain itu juga KPB memberikan pelatihan kepada ibu-ibu masyarakat desa Balung yakni pelatihan rias pengantin.(AP)

Berita Terkait