Wabup ; Pramuka harus selalu kreatif dan berinovasi

Tapung (kamparkab.go.id) – Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Santoso SH menutup kegiatan Pramuka dalam memperingati Hari Jadi Pramuka ke-57 Kwartir Ranting 06 Tapung dilapangan Bola Kaki desa Pelambaian Kecamatan Tapung, Selasa (14/8).

Hadir pada acara kepala kwarcab kampar yang diwakili oleh wakil ketua harian Neneng Suryani, Kadis Dikpora Kabupaten Kampar Santoso, Kamabiran 06 Tapung Pringgo, Kepala Kwaran 06 Tapung, kepala Mabisa se Kecamatan Tapung, Kepala Mabigus SD dan SMP se Kecamatan Tapung serta peserta Pramuka Penggalang dan Penegak se Kecamatan Tapung.

Dalam arahannya Wakil Bupati mengatakan seluruh jajaran Pramuka utama anggota deawa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak.

Dikatakan Wabup 57 tahun tentu tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan. Perlu “rebranding” Pramuka baru yang diminati kaum muda. Pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini. Pramuka harus dapat menangkap fenomena dalam era kebebasan berkomunikasi. Sebagian besar adik-adik kita merupakan generasi cyber yang online setiap saat yang selalu update dan mengungkapkan kondisi secara realtime dalam media sosial. Pramuka Baru harus keren, gembira, asyik, dan menyenangkan.

Tantangan bagi para Pembina Pramuka, harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi Pramuka. Begitu pula para pelatih harus dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan bagi para Pembina Pamuka.

Usai acara Wakil Bupati juga menyerahkan hadiah berbagai perlombaan selama perkemahan berlangsung. (Humas)