Kemdikbud RI Taja Pameran Bazaar Kuliner dan Kerajinan Khas Kampar

Bangkinang Kota (kamparkab.go.id) : Dalam rangka menggerakkan potensi dan pemberdayaan perempuan Indonesia Khususnya Kabupaten Kampar. Pemkab Kampar melalui Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kampar dan TP PKK Kabupaten Kampar  bekerja sama dengan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Depdikbud RI mengadakan pameran dan bazaar yang akan menampilkan produk unggulan Kabupaten Kampar yang akan di adakan pada hari senin, tanggal 27 Agustus 2018 bertempat di Lapangan Pelajar Bangkinang..

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H. Azis Zaenal, SH, MM melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kampar Drs. Santoso, MPd saat dijumpai di Bangkinang pada hari Kamis, 23/8.

Ditambahkan Santoso bahwa  kegiatan ini akan melibatkan 9 Dinas dan Instansi terkait yang akan mengisi 80 stand yang disediakan oleh panitia, yang akan menampilkan produk-produk kuliner dan kerajinan unggulan Kampar yang berasal dari binaan TP PKK Kabupaten Kampar maupun binaan OPD  dilingkungan Pemkab Kampar seperti Palito daun, tudung saji, kerupukibi tujin,  lopek bugi dan sebagainya. Begitu juga penampilan kerajinan berupa Batik Muara Takus Kampar yang baru saja di lounching, anyaman, tanjak Kampar, produk anyaman  lainnya maupun kerajinan dari masyarakat.

Ditambahkan Santoso bahwa program ini merupakan program pusat dalam pemberdayaan perempuan yang memiliki  potensi tapi tidak bisa berbuat karena adanya keterbatasan dalam membantu ekonomi keluarga, melalui shearing program antara pusat dan daerah maka kegiatan ini dapat kita laksanakan.

Ini akan melibatkan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M), Pendidikan Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Desa Vokasi, yakni kawasan perdesaan yang menjadi sentra penyelenggaraan kursus dan/atau pelatihan berbagai kecakapan vokasional dan pengelolaan unit-unit usaha (produksi/Jasa) berdasarkan keunggulan lokal dalam dimensi sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan. Salah satu tujuan dari Program Desa Vokasi adalah bagaimana menekan angka pengangguran dan tingkat urbanisasi dengan memberikan keterampilan masyarakat di suatu desa dalam memanfaatkan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dari sumber daya dan potensi suatu desa berbasis kearifan lokal.

Begitu juga dengan Unit Usaha Peningkatan Pendapatan Keluiarga (UP2K ) Binaan PKK Kampar, Dekranasda Kampar, dan binaan dari 9 dinas di Pemkab Kampar yakni Dinas Pendidikan dan Olahraga, Dinas Sosial, TP PKK Kampar, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Persandian dan Dekransda Kabupaten Kampar yang telah memiliki binaan masing-masing yang siap untuk menampilkan produk-produk binaan mereka” Tambah Santoso lagi.

Diharapkan Santoso mari kita hadiri dan ramaikan acara tersebut dalam upaya pemberdayaan perempuan di Kabupaten Kampar semoga melalui program ini kita dapat mewujudkan Kampar yang makin maju dan sejahtera sebagiaman yang kita cita-citakan” Tutup Santoso (Diskominfo Kampar)