Bupati Kampar ; Bukan Orang Minang Tinggal di Kampar, Tetapi Orang Kampar Yang Bersuku Minang

Bangkinang Kota – Selama ini dianggap bahwa pendatang tersebut adalah orang yang bersuku pendatang yang  tinggal di Kampar, akan tetapi yang  lebih tepatnya adalah orang Kampar yang bersuku minang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar H Azis Zaenal,SH,MM dalam sambutanya pada acara Pelantikan Ikatan Minang Riau (IKMR) Kabupaten Kampar dan Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR) Kabupaten Kampar di Gedung Mahligai Bunggsu Bangkinang Kota, (15/9/18). dihadapan para Pejabat dari Bupati dan Ketua DPRD dari berbagai Kabupatenkota di Sumatera Barat tersebut.

Azis Zaenal menjelaskan, bahwa semua orang yang berasal dari ranah minang yang saat ini tinggal di Kampar sudah merupakan warga Kampar sendiri, hanya saja sukunya yang minang atau berasal dari ranah minang begitu juga dengan suku-suku lainnya yang saat ini telah menjadi warga Kampar.

Untuk itu apapun yang dibuat dan diatur di Kampar, warga Kampar yang bersuku minang harap untuk mendukung, dengan demikin semua masyarakat baik yang ocu asli maupun pendatang merupakan semua masyarakat Kampar yang bersatu.

Makanya kita harapan bersama, baik dari minang, Batak, Aceh, jawa atau daerah manapun yang datang ke kampar sudah menjadi masyarakat Kampar dan berarti ikut berpartisipasi dalam memajukan Kabupaten Kampar.

Sekali lagi, mantan anggota DPRD Riau tersebut berharap, semoga dengan dilantiknya pengurus baru ini, akan menjadi semangat baru bagi semua pengurus, dengan program-program baru yang mendukung pembangunan dan juga diharapkan kepada seluruh pengurus IKMR agar bisa bersinergi dengan Pemerintah Kampar bersama OPD terkait guna kemajuan Kabupaten Kampar, dengan jalan memberikan ide-ide, menjaga ketenteraman masyarakat maupun berpartisipasi dlam bentuk lain.

Selain itu tambah Azis Zaenal kita patut bangga dengan terjalinnya persatuan dan kesatuan masyarkat Kampar ini ditunjukkan oleh warga perantau asal Sumatera Barat yang dapat menjadi contoh, mari bersama-sama bangun Kampar” Himbau Bupati Kampar dihadapan ribuan warga yang hadir.

Sementara itu Ketua IKMR Provinsi Riau Nurzahedi,SE menyampaikan bahwa pengurus IKMR Kampar yang dilantik lebih kurang sebanyak 79 orang dan pengurus IWMR sebanyak 36 orang. yang berharap terus berikan dukungan epada Pemerintah Kabupaten Kampar dengan menyampaikan istilah dimana bumi dipijak disana  langit dijunjung, artinya dapat bersatu dengan masyarakat tempatan dan samasyarakat lainnya dengan menjaga norma adat dan norma kehidupan yang dianut masyarakat.

Dimana pelantikan pengurus IKMR selaku ketua IKMR Kampar terpilih adalah H. Fahmil, SE, Sekretaris Syafrudin dan bendahara Minda,SH, sementara Ketua IWMR terpilih yang dilantik oleh Ketua IWMR Riau Rusmiati, ketua IWMR Kampar adalah Zoraida, M. Ap,  Sekretaris Erisma Desi serta Bendahara Minda.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Bupati Kabupaten Lima Puluh  Kota Ir. Irfendi Arbi, MP, Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Wakil Bupati Tanah Datar Zulfafri Darma, Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra, Ketua IKMR Provinsi Riau Nurzahedi, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yusdhistira,SIK,MH, Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Nura’ini Azis, Ketua DPRD Kmapar Ahmad Fikri,S.Ag, para anggota DPRD Kampar Syahrul Aidi, Kardinal Kasim, serta para Asisten dan OPD Kabupaten Kampar. (Diskominfo Mzk).